Jumat, 24 Agustus 2012

Kalkulus, Oh Kalkulus ...

Perkuliahan semester ganjil TA 2012/2013 di Prodi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Sam Ratulangi, dimulai dengan sedikit berbeda. Disamping banyaknya peminat dan mahasiswa baru yang masuk (sekitar 160-an maba), saya juga dipercayakan untuk mengampu mata kuliah Kalkulus.

Sebenarnya, Kalkulus dalam dunia Informatika ada dua; 1) Kalkulus Klasik (atau Newtonian) dan 2) Kalkulus Ilmu Komputer. Kalkulus Klasik berhubungan dengan "preciseness" atau ketepatan, sedangkan Kalkulus Ilmu Komputer (diberi nama mata kuliah: Logika Informatika) berhubungan dengan "validity" atau pembuktian kebenaran.


Cakupan pembahasan materi Kalkulus Klasik, dimulai dengan Teori Bilangan, hingga konsep dan penerapan Limit, Turunan dan Integral. Kesemuanya diarahkan untuk memberikan dasar "kompetensi" untuk mata kuliah Metode Numerik (atau Komputasi Numerik). Inti pembahasannya adalah PRECISENESS, atau dengan kata lain, bagaimana mengelola ERROR.

Cakupan pembahasan materi Kalkulus Ilmu Komputer, berkisar pada Logika Proporsional, Logika Predikat dan "berbagai" metode pembuktian kebenaran yang ada. Seperti ditulis sebelumnya, aspek VALIDITY merupakan fokus bahasan mata kuliah ini.

Kedua mata kuliah ini, merupakan dasar bagi setiap mereka yang ingin menekuni keilmuan informatika, rekayasa perangkat lunak dan teknologi informasi. Kepentingan pemahaman teori kedua "jenis" Kalkulus ini merupakan suatu mandatory bagi para mahasiswa yang menekuni keilmuan Informatika ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar