Jumat, 10 Agustus 2012

MDAC - MIcrosoft Data Access Component


Microsoft Data Access Component (MDAC) adalah sekumpulan komponen yang merupakan kunci dari teknologi yang membangun aplikasi database. Aplikasi database client server baik itu yang berbasis web ataupun pada suatu LAN dapat menggunakan komponen-komponen ini untuk mengintegrasikan informasi dari berbagai macam sumber data, baik itu yang sifatnya relasional (SQL) maupun data yang tidak relasional komponen-komponen dalam MDAC diantaranya adalah 
1) Microsoft ActiveX Data Object (ADO)
2) OLE DB
3) OPEN Database Conectivity (ODBC)

Gambar berikut ini akan menunjukan secara keseluruhan mengenai arsitektur MDAC dan bagaimana MDAC ini menjadi kunci dakam membangun model UDA (Universal Data Access).





Berikut adalah penjelasan terkait MDAC

1) ActiveXData Object (ADO)
Microsoft ActiveX Data Object (ADO) adalah suatu Application Programming Interface (API) strategi yang khusus digunakan dalam pengaksesan data dan informasi. ADO memberikan cara yang konsisten, pengaksesan data dengan performa tinggi yang mendukung berbagai kepentingan untuk membangun sebuah aplikasi, termasuk dalam pembuatan aplikasi client database, tools, atau browser internet, ADO didesain sedemikian rupa untuk menjadi satu data interface yang dapat digunakan untuk kepentingan single dan client server serta aplikasi berbasis WEB. Keuntungan utama dari ADO adalah kemudahan dalam penggunaan, kecepatan tinggi dan penggunaan memory yang minimal.
Jika kita melihat posisi ADO pada gambar diatas. ADO berada diatas tekhnologi akses data yang lain dan memberikan dukungan data akses terhadap para developer.
ADO memberikan kemudahan interface dalam mengakses OLE DB. ADO menerapkan trafik jaringan secara minimal dan meminimalkan jumlah layar antara fron-end dan sumber data untuk memberikan interface yang ringan tetapi dengan performa yang tinggi. ADO sangat mudah digunakan karena berbasis interface COM automation yang saat ini sudah tersedia pada semua RAD development tools, dan bahasa-bahasa pemrograman di pasaran.

2) OLE DB
OLE DB adalah interface strategis programming pada level sistem untuk mengakses data. OLE DB adalah suatu spesifikasi terbuka yang didesain atas kesuksesan ODBC dengan memberikan suatu standar terbuka untuk mengakses berbagai macam data. ODBC dibuat untuk mengakses database relasional, sedangkan OLE DB di desain data relasional maupun non-relasional.
OLE DB digambarkan sebagai sebuah kumpulan dari COM interface yang mengendalikan berbagai macam service database management system. Interface ini memungkinkan pembuatan suatu komponen software yang digunakan oleh berbagai macam service. Interface OLE DB didesain untuk membantu komponen-komponen agar dapat berintegrasi secara mudah sehingga pembuat komponen OLE DB dapat mebuat komponen OLE DB bagi pengguna denagan kualitas yang baik dan cepat. Sebagai tambahan, OLE DB menawarkan suatu jembatan kepada ODBC untuk membah dukungan kepada driver database ODBC yang banyak ragamnya saat ini.

3) Open Database Connectivity (ODBC)
Interface Microsoft Open Database Connectivity (ODBC) adalah suatu standar industri saat ini dan merupakan komponen dari Mcrosoft Window Open Service Architecture (WOSA). Interface ODBC membuat aplikai-aplikasi dapat mengkases data dari berbagai macam database management system (DBMSs). ODBC mengijinkan interoperabilitas secara maksimal terhadap berbagai macam DBMS hanya dengan melaluisatu interface. Ini dapat dikatakan bahwa suatu aplikasi akan bejalan secara independen. Pengguna aplikasi dapat menambah suatu software komponen yang dinamakan driver, yang mana menciptakan suatu interface antara suatu aplikasi dan suatu DBMS spesifik.

4) OLE Automation
OLE (Object Linking and Embedding) adalah suatu protokol yang memungkinkan adanya komunikasi diantara beberapa aplikasi yang berbeda. Bagian dari OLE yang memungkinkan berbagai aplikasi saling berkomunikasi tersebut dikenal sebagai OLE Automation. Ada dua bentuk OLE  Automation yaitu OLE Automation Client dan OLE Automation Server.
OLE Automation Client dapat mengendalikan aplikasi lain yaitu OLE Automation Server. Dengan kata lain OLE Automation Client adalah suatu aplikasi yang dapat menggunakan berbagai objek beserta fungsi dan prosedurnya yang memang telah disediakan oleh OLE Automation Server. Untuk mengendalikan apikasi berbentuk OLE Automation Server tersebut. Protokol OLE dirancang berdasarkan arsitektur berbasis komponen yang disebut COM (Component Obyek Model)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar