Senin, 09 Juli 2012

Kelas di Abad ke-21

Implementasi Teknologi Informasi untuk mendukung proses belajar mengajar semakin meluas. Menurut hemat saya, salah satu peranan penting berbagai produk Web 2.0 dalam mendukung proses belajar mengajar adalah mendorong suasana kolaborasi antar mahasiswa/siswa dengan mahasiswa/siswa, dan antar mahasiswa/siswa dengan guru/dosen.

Penelitian yang serius mengenai memanfaatkan Web 2.0 untuk kepentingan pendidikan mulai marak dilakukan. Tantangannya adalah bagaimana mengklasifikasikan produk Web 2.0 sesuai manfaat masing-masing dengan kurikulum terkini. Untuk area program studi Teknik Informatika sendiri, sudah "terlebih" dahulu hadir secara nyata, misalnya yang ditunjukkan oleh Khan Academy ataupun EdX.

Berikut adalah sebuah ilustrasi suasana ruangan kelas abad ke-21:


Meskipun banyak pihak yang menyambut baik perkembangan ini, studi lebih lanjut tentang manfaat yang dapat diperoleh harus digencarkan. Riset-riset terkini mengenai topik ini akan berkisar pada "pengukuran" besar manfaat yang diperoleh pada setiap stakeholders pendidikan. Apakah manfaatnya hanya akan berkisar pada efisiensi, efektivitas ataupun hingga strategic competitive value. Terlebih, apakah manfaatnya bisa menciptakan sumber daya manusia yang lebih superior dibandingkan generasi sebelumnya?


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar