Jumat, 20 April 2012

Analisa dan Perancangan Sistem Revisited

Beberapa pokok pikiran terkait Analisa dan Perancangan Sistem:

1. Pengertian mendasar tentang sistem, sistem informasi dan teknologi informasi, termasuk membedakan antara apa yang dimaksud dengan data dan informasi!

2. Memahami stakeholders yang terkait dalam pengembangan sistem informasi, termasuk memahaminperan seorang sistem analis yang unik dalam mengembangkan sistem informasi!

3. Memahami faktor-faktor "penggerak bisnis dan penggerak teknologi" yang mempengaruhi pengembangan sistem informasi!

4. Memahami proses pengembangan sistem informasi sebagai daur hidup!

5. Memahami perkembangan, keunggulan, kekurangan dan detail langkah-langkah dari setiap metodologi pengembangan sistem informasi!

6. Memahami Project Initiation (dokumen business case dan feasibility study) dan Project Management (dokumen Function Poin Analysis, Workplan, WBS dan Gantt Chart), dalam pengembangan suatu sistem informasi!

7. Memahami teknik-teknik untuk melakukan requirement analysis dan menuangkaannya dalam dokumen system proposal!

8. Dapat melakukan pemodelan fungsional dengan menggunakan tools UML ver 2.0 dan tools lainnya misalnya Activity Diagaram, Use Case Diagram, Use Case Description, Context Diagram dan Data Flow Diagram.

9. Dapat melakukan pemodelan data dengan menggunakan tools pemodelan data seperti ERD dan/atau Class Diagram dan memahami proses normalisasi data!

197 komentar:

  1. 4.Memahami proses pengembangan sistem informasi sebagai daur hidup

    Menurut saya definisinya yaitu sebagai
    serangkaian aktivitas yang dilaksanakan oleh profesional dan pemakai sistem
    informasi untuk mengembangkan dan mengimplementasikan sistem
    informasi. Adapun sikus hidup pengembangan sistem informasi, memiliki 7 fase utama.
    yaitu:

    1 Perencanaan sistem
    2 Analisis sistem
    3 Perancangan sistem secara umum / konseptual
    4 Evaluasi dan seleksi sistem
    5 Perancangan sistem secara detail
    6 Pengembangan Perangkat Lunak dan Implementasi sistem
    7 Pemeliharaan / Perawatan Sistem

    Sumber
    http://wsilfi.staff.gunadarma.ac.id

    Catatan Kuliah Analisa & Perancangan Sistem oleh: Stanley Karouw ST,MTI http://j.mp/I2RTIX

    BalasHapus
  2. Nama:Imanuel Korowotjeng
    Nri : 080213040

    1. Pengertian mendasar tentang sistem, sistem informasi dan teknologi informasi, termasuk membedakan antara apa yang dimaksud dengan data dan informasi!

    •Sistem : Sistem adalah setiap kesatuan secara konseptual atau fisik yang terdiri dari bagian-bagian dalam keadaan saling tergantung satu sama lain.( http://www.answers.com/system,)
    •Sistem informasi : suatu kegiatan dari prosedur -prosedur yang diorganisasikan, bilamana dieksekusi akan menyediakan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan dan pengendalian di dalam organisasi.(Menurut, John F.Nash dan Martil B.Robert)
    •Teknologi Informasi adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi
    (ridwaniskandar.files.wordpress.com)

     Perbedaan data dan informasi :
    •Data : sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih memerlukan adanya suatu pengolahan.
    Macam-Macam Data Berdasarkan Sumber Data:
    1.Data Internal Data internal adalah data yang menggambarkan situasi dan kondisi pada suatu organisasi secara internal. Misal : data keuangan, data pegawai, data produksi, dsb.
    2.Data Eksternal Data eksternal adalah data yang menggambarkan situasi serta kondisi yang ada di luar organisasi. Contohnya adalah data jumlah penggunaan suatu produk pada konsumen, tingkat preferensi pelanggan, persebaran penduduk, dan lain sebagainya. (Wikipedia bahasa Indonesia dan berbagai sumber
    •Informasi : merupakan hasil pengolahan dari sebuah model, formasi, organisasi, ataupun suatu perubahan bentuk dari data yang memiliki nilai tertentu, dan bisa digunakan untuk menambah pengetahuan bagi yang menerimanya. ( kumpulan-informasi-penting.blogspot.com)

    BalasHapus
    Balasan
    1. "silahkan tambahkan apa pendapat anda sendiri mengenai topik yang anda pilih ...

      Hapus
  3. Ilhammad Maulana Ani
    100216052

    4. Memahami proses pengembangan sistem informasi sebagai daur hidup!

    Daur hidup (life cycle) pada suatu sistem digunakan untuk menjelaskan tahap-tahap perkembangan sistem, serta langkah-langkah dalam proses perkembangannya. Untuk mengetahui proses sistem informasi dan proses sistem engineering, kita harus membandingkan daur hidup kedua sistem tersebut.

    Proses pengembangan sistem informasi, Mereka yang bertanggung jawab untuk mengusulkan atau mengembangkan baru atau mengembangkan suatu sistem informasi.

    Kita dapat meringkas tahap-tahap proses perkembangan system informasi sebagai berikut
    1. Perencanaan (Planning)
    2. Analisis (Analysis)
    3. Desain (Design)
    4. Pelaksanaan (Implementation)
    5. Perawatan (Maintenance)

    Dalam tahap perencanaan, kita mengumpulkan informasi tentang permasalahan serta persyaratannya. Kemudian kita menentukan kriteria dan pembatasan pemecahan, serta memberikan alternatif jalan keluarnya. Dalam tahap analisis, kita menguji alternatif pemecahan berdasarkan kriteria dan batasan-batasan. Analisis merupakan pusat dari semua proses perkembangan. Pendidikan engineering kebanyakan berhubungan dengan pengajaran tentang cara menganalisis. Tahap berikutnya yaitu desain, dapat dikatakan sebagai hasil dari sistem baru. Tahap desain juga dapat dikatakan sebagai pemecahan yang optimum atas sejumlah kegiatan kreativitas yang meliputi pembuatan sistem baru dan berguna yang belum pernah ada sebelumnya. Sistem yang tersusun dibentuk dan dioperasikan. Perawatan dilakukan pada tiap sistem operasional.

    Sumber :
    eBook Materi Kuliah Analisa & Perancangan Sistem
    Adikristanto.net

    BalasHapus
    Balasan
    1. di paragraf pertama, anda menyebutkan tentang proses sistem engineering dan proses sistem informasi! dimana perbedaannya?

      Hapus
    2. menurut saya perbedaanya, sistem informasi sering digunakan merujuk kepada interaksi antara manusia sedangkan sistem engineering lebih merujuk ke desain, control dan optimalisasi secara fisik.

      Hapus
    3. oke .. ada sumber kutipan yang anda bisa tunjukkan untuk mendukung pendapat anda?

      Hapus
    4. ini sumbernya mner,
      http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_informasi
      http://en.wikipedia.org/wiki/Process_engineering

      Hapus
    5. oke ... nilai anda A,

      cat: wikipedia bykanlah sumber kutipan yang dianjurkan untuk argumentasi dalam dunia akdemis, saya lebih menyarankan sumber kutipan buku teks dan/atau halaman web yang berkompeten ...

      Hapus
    6. Baik, Terima kasih atas saranya mner

      Hapus
  4. Michello Suwandi
    100216060
    3.Memahami faktor-faktor "penggerak bisnis dan penggerak teknologi" yang mempengaruhi pengembangan sistem informasi.

    faktor - faktor tersebut dapat berupa individu, kelompok ataupun suatu peristiwa yang menyebabkan suatu sistem informasi untuk dikembangkan
    seperti yang sudah pernah kita bahas di kelas sebelumnya dengan contoh pengembangan sistem informasi unsrat, faktor - faktor yang mempengaruhi perlu adanya pengembangan adalah, mahasiswa yang semakin banyak di unsrat, menyesuaikan dengan perkembangan zaman yang modern,juga pekerjaan pegawai agar lebih mudah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sumber :
      Catatan Kuliah Analisa dan Perancangan Sistem oleh: Stanley Karouw ST,MTI
      Kuliah Analisa dan Perancangan Sistem pertemuan ke - 2

      Hapus
    2. menurut anda, faktor banyaknya mahasiswa di Unsrat dapat digolongkan sebagai faktor penggerak bisnis atau penggerak teknologi?

      Hapus
    3. menurut saya itu tergolong dalam faktor penggerak bisnis

      Hapus
  5. Stevi Alfian Wuner
    100216020

    3. Memahami faktor-faktor "penggerak bisnis dan penggerak teknologi" yang mempengaruhi pengembangan sistem informasi


    faktor-faktor dalam pengembangan sebuah teknologi informasi tersebut dapat berupa perorangan/individual, grup/kelompok, perusahaan, atau apapun yang terlibat dalam suatu pengembangan sistem informasi..

    Penggerak Bisnis dari Suatu Sistem Informasi
    a. Globalisasi ekonomi
    b. eCommerce dan eBusiness
    c. Privasi dan sekuriti
    d. Partnership dan kolaborasi
    e. Knowledge asset management
    f. Peningkatan yang berkelanjutan
    g. TQM (Total Quality Management
    h. Bisnis Proses redesign (BPR)

    sedangkan penggerak teknologi adalah dari segi orang yang menggunakan teknologi untuk membangun/menggembangkan sebuah sistem informasi.

    Untuk itulah peran teknologi informasi dan komunikasi harus didefinisikan dengan fokus pada pemberian nilai tambah kepada organisasi. (1) Menciptakan “value” melalui peningkatan unjuk kerja dan inovasi dan (2) Menjaga “value” melalui pengelolaan secara operasional dan menangani resiko yang mungkin terjadi berkaitan dengan investasi teknologi informasi dan komunikasi. Sistem informasi didefinisikan sebagai kegiatan mengumpulkan, memproses, menyimpan, menganalisa dan menyampaikan informasi untuk sebuah tujuan khusus “aplikasi”. Lingkungan yang melingkupi sistem informasi berupa ketersediaan hardware, software, data, network, procedure dan people.

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa bisa anda memberikan contoh dari faktor penggerak teknologi?

      Hapus
    2. contoh dari faktor penggerak teknologi adalah adanya Teknologi komputer (Hardware dan Software) karena dengan adanya itu akan mempermudah dalam sebuah pembuatan/penggembangan sistem informasi

      faktor penggerak teknologi
      1. Jaringan dan internet
      2. Teknologi mobile dan wireles
      3. Teknologi object
      4. Teknologi kolaborasi
      5. Aplikasi enterprise

      sumber : modul kuliah analysis dan design elearning amikom

      Hapus
    3. faktor penggerak teknologi yang berperan dalam pengembangan sistem informasi berupa Teknologi komputer (Hardware dan Software) karena tanpa ini sebuah sistem sistem informasi tidak akan berkembang
      faktor penggerak teknologi
      1. Jaringan dan internet
      2. Teknologi mobile dan wireles
      3. Teknologi object
      4. Teknologi kolaborasi
      5. Aplikasi enterprise

      Hapus
  6. Nama : Hera W. Wulur
    NRI : 100216032

    1. Pengertian mendasar tentang sistem, sistem informasi dan teknologi informasi, termasuk membedakan antara apa yang dimaksud dengan data dan informasi!

    Menurut saya, sistem adalah seperangkat elemen yang digabungkan satu dengan lainnya untuk suatu tujuan bersama. Contoh elemennya adalah manusia, data, mesin, atau prosedur. Sedangkan sistem informasi merupakan alat untuk menyajikan informasi sedemikian rupa sehingga bisa bermanfaat bagi penerimanya. Teknologi informasi merupakan alat yang dapat membantu kita untuk bisa memperoleh sebuah informasi. Tidak hanya terbatas pada teknologi komputer, tapi juga mencakup pada teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi seperti jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara dan video.

    Yang membedakan antara data dan informasi menurut saya :

    Data : Sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih memerlukan adanya suatu pengolahan (Belum bias dikategorikan sebagai informasi karena harus diolah terlebih dahulu).

    Informasi : Merupakan hasil dari pengolahan data tersebut yang pasti mempuanyai arti dan bisa bermanfaat bagi yang menerimanya.



    Sumber : http://www.scribd.com/doc/24946950/Pengertian-Teknologi-Informasi
    http://flashnet.forumotion.com/t43-pengertian-data-dan-informasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa anda bisa menyebutkan contoh sederhana dari data dan informasi?

      Hapus
    2. contoh data : jumlah jam kerja karyawan perusahaan
      sedangkan informasi : Rekapitulasi gaji yang harus dibayar peeusahaan sesuai jam kerja karyawannya.

      Hapus
  7. Nama : Yoshiko Tanaka Lumintang
    NRI : 100216054

    2. Memahami stakeholders yang terkait dalam pengembangan sistem informasi, termasuk memahaminperan seorang sistem analis yang unik dalam mengembangkan sistem informasi!

    Menurut saya stakeholder adalah kumpulan orang-orang yang memiliki kelebihan/kemampuan tersendiri dalam sistem informasi dan mampu mengembangkanya. disini stakeholder itu sendiri adalah mereka yang TERKAIT langsung
    ataupun tidak langsung dalam pengembangan sistem
    informasi .Didalamnya ada juga information workers yang merupakan para pengembang sistem
    informasi (pencipta, pengumpulan, pengolahan, distribusi dan
    penggunaan informasi) dan Knowledge workers yang merupakan bagian dari information
    workers, yang memiliki pengetahuan/ketrampilan tertentu
    terkait pengembangan sistem.

    kemampuan(skills) yang harus dimiliki oleh seeorang analis sistem adalah :
    1.Pengetahuan (dan pengalaman) tentang Teknologi Informasi
    2.Memiliki ketrampilan sebagai programmer
    3.Memiliki pengetahuan bisnis secara umum
    4.Memiliki ketrampilan sebagai “problem-solver”
    5.Memiliki ketrampilan komunikasi-interpersonal yang baik
    6.Memiliki ketrampilan relasi-interpersonal yang baik
    7.Fleksibel dan Adaptif pada “perubahan”
    8.Memiliki karakter dan etika

    Peran dalam Pengembangan Sistem Informasi :
    Business analyst
    Systems analyst
    Infrastructure analyst
    Change management analyst
    Project manager

    "terdapat lima pilar utama dari Tata Kelola TI yang perlu untuk dikelola oleh seluruh stakeholders organisasi. Kelima pilar Tata Kelola TI tersebut adalah IT Principles, IT architecture, IT Infrastructure, IT Business Application Needs, IT Investment

    sumber: 1.materi kuliah MK analisa dan perancangan sistem informasi oleh: Stanley Karouw ST,MTI
    2.http://stanleykarouw.blogspot.com/2012/04/perspekti f-teknologi-informasi.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke ...
      apa bisa anda berikan contoh skill sistem analyst yang harus memiliki ketrampilan seorang problem solver?

      Hapus
    2. contoh : skill seorang problem solver(pemecah masalah) yaitu dapat memberikan solusi atau jalan keluar yang tepat dan benar agar masalah tersebut dapat terselesaikan .

      Hapus
    3. dalam sebuah perusahaan seorang "problem solver" harus mampu memberikan solusi apabila perusahaan tersebut mengalami penurunan,informasi yang tidak efektif,aplikasi yang tidak aman dan pelayanan buruk terhadap pelanggan. dalam hal ini seorang problem solver harus bekerja keras agar semua masalah dapat terpecahkan dan perusahaan pun tidak mengalami kebangkrutan

      Hapus
  8. Nama : Novita I. Sangian
    NRI : 100216028
    #Topik 2
    Memahami stakeholders yang terkait dalam pengembangan sistem informasi, termasuk memahami peran seorang sistem analis yang unik dalam mengembangkan sistem informasi!

    Menurut saya, stakeholder (Seorang pemegang kepentingan) adalah Orang yang memiliki ketertarikan pada sistem informasi yang sudah ada atau ditawarkan. Stakeholder bisa termasuk pekerja teknis dan non teknis, bisa pekerja dalam atau luar organisasi. atau mereka yang “terkait” langsung ataupun tidak langsung dalam pengembangan sistem informasi.

    Secara luas perspektif stakeholder dapat dibagi 5 Kelompok :
    1.Pemilik sistem : sponsor SI dan advokad eksekutif, biasanya bertanggung jawab atas pendanaan proyek pengembangan, pengopeasian dan perawatan SI.
    2.Pengguna sistem : “pelanggan” yang akan menggunakan atau terpengaruh SI pada basis reguler – mengcapture, menvalidasikan, memasukkan, menanggapi, menyimpan, dan bertukar data dan informasi.
    3.Desainer sistem : spesialis teknis yang menerjemahkan persyaratan bisnis pengguna sistem dan pembatas solusi teknis.
    4.Pembangun sistem : spesialis teknis yang membangun sistem informasi dan komponen yang didasarkan pada spesifikasi desain yang dihasilkan oleh desainer sistem.
    5.Analis sistem : spesialis yang mempelajari masalah dan kebutuhan sebuah organisasi untuk menentukan bagaimana orang, data, proses dan teknologi informasi dapat mencapai kemajuan terbaik untuk bisnis.
    Tujuan Utama dari seorang Sistem Analis adalah BUKAN untuk menciptakan sistem yang indah, tetapi yang paling mungkin untuk menciptakan nilai organisasi, yang merupakan perusahaan PALING / perusahaan berarti "keuntungan meningkat".

    Skills yang (harus) dimiliki oleh seorang Analis Sistem :
    ✔ Pengetahuan (dan pengalaman) tentang Teknologi Informasi
    ✔ Memiliki ketrampilan sebagai programmer
    ✔ Memiliki pengetahuan bisnis secara umum
    ✔ Memiliki ketrampilan sebagai “problem-solver”
    ✔ Memiliki ketrampilan komunikasi-interpersonal yang baik
    ✔ Memiliki ketrampilan relasi-interpersonal yang baik
    ✔ Fleksibel dan Adaptif pada “perubahan”
    ✔ Memiliki karakter dan etika.

    Sumber referensi :
    http://fairuzelsaid.wordpress.com/category/bahan-ajar-modul-ti/analisis-sistem-informasi-bahan-ajar-modul-kuliah-ti/

    Catatan Kuliah Analisa Perancangan Sistem, oleh : Stanley Karouw, ST, MTI

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke, jawaban anda komplit!
      apa bisa diberikan contoh sederhana tentang skill system analyst yang harus fleksibel dan adaptif pada perubahan?

      Hapus
    2. contoh: skill seorang manajer proyek yang mampu menyelesaikan masalah secara efektif dan efisien dan seseorang yang bertanggung jawab dalam mengurus sebuah proyek

      Hapus
    3. yang saya mintakan adalah contoh skil yang terkait dengan fleksibel dan adaptif pada perubahan ...
      mungkin anda bisa berikan contoh sederhana?

      Hapus
    4. seperti penggunaan alat-alat untuk mengetahui kinerja karyawan. misalnya menggunakan mesin penjadwalan yg menggunakan sidik jari supaya tahu kapan karyawan datang dan pergi

      Hapus
    5. tambahan mner....

      misalnya seorang programer yg sering membuat program untuk perusahaan-perusahaan. ketika perusahaan memintanya untuk membuat sebuah program, programer tersebut sering menggunakan bahasa pemrograman 'C'. suatu saat ada sebuah perusahaan yg memintanya membuat sebuah program dan perusahaan tsb memintanya menggunakan bahasa pemrograman yang berbeda dari yg biasanya dia buat(mis. java).
      sebagai seorang programer dia dituntut untuk bisa menguasai bahasa pemrograman lebih dari satu. dan secara otomatis permintaan perusahaan untuk membuat program yg berbeda dari yg biasanya dia buat, pastinya dapat dia penuhi.

      Hapus
  9. Fanno Hizkia Tulangow
    100216038

    1. Pengertian mendasar tentang sistem, sistem informasi dan teknologi informasi, termasuk membedakan antara apa yang dimaksud dengan data dan informasi!
    -Sistem merupakan kesatuan elemen-elemen pengerak yang membentuk sistem itu sendiri dan saling berhubungan untuk mencapai tujuan yang sama
    -Sistem informasi adalah sekumpulan komponen pembentuk sistem yang mempunyai keterkaitan antara satu komponen dengan komponen lainnya yang bertujuan menghasilkan suatu informasi yang bermanfaat dalam suatu bidang tertentu.
    - Teknologi informasi adalah hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi dari pengirim ke penerima sehingga: lebih cepat, lebih luas sebarannya dan lebih lama penyimpanannya.
    - Data adalah sesuatu pernyataan yang diterima secara apa adanya dan belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih memerlukan adanya suatu pengolahan.
    -Informasi adalah data yang telah diberi makna melalui konteks atau telah diolah menjadi sesuatu yang berarti.

    Dari pengertian di atas, menurut saya, sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama untuk mencapai tujuan yang sama, sistem informasi adalah sebuah sistem yang bertujuan menyampaikan informasi, sedangkan teknologi informasi lebih kepada teknologi yang digunakan untuk menunjang kegiatan sistem informasi.
    Sistem informasi mengolah atau memproses data yang merupakan sesuatu yang belum berarti menjadi informasi atau sesuatu yang berarti/bermakna yang dapat memberikan pengetahuan kepada penerimanya.

    Referensi
    http://id.wikipedia.org
    http://qotrinnidaaz.blogspot.com
    http://gilangfirmansyah.blogspot.com
    http://flashnet.forumotion.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke ... silahkan berikan contoh sederhana dari data dan informasi, menurut pengertian anda ...

      Hapus
    2. contoh data : nilai ujian mahasiswa,,
      sedangkan informasi hasil pengolahannya: daftar indeks prestasi kumulatif dari mahasiswa..

      Hapus
    3. contoh yang tepat, meskipun sebenarnya masih belum lengkap, karena untuk menghasilkan informasi Indeks Prestasi Kumulatif mahasiswa, diperlukan data data selain hasil ujian ....

      oke, nilai anda: A

      Hapus
  10. Eko Pandara
    100216034

    7. Memahami teknik-teknik untuk melakukan requirement analysis dan menuangkaannya dalam dokumen system proposal!

    Menurut saya requirement analysis adalah suatu analisa terhadap suatu kebutuhan (fungsional,antarmuka, & non fungsional) sistem informasi yang di inginkan user/pemakai , apa yang akan dikerjakan oleh sistem dan bagaimana karakteristik sistem.

    Hal yang perlu diperhatikan dalam pengembangan system informasi yaitu apabila spesifikasi requirement yang didefinisikan dalam kenyataanya berbeda dengan apa yang di inginkan user. Jadi diperlukan strategi yang tepat agar tidak diperlukan usaha untuk memperbaikinya .

    Teknik-teknik requirement analysis adalah sebagai berikut:
    1. Interview
    2. Join Application Development
    3. Kuisioner
    4. Analisis Dokumen
    5. Observasi
    6. Concep MAP

    Tahap Analisis kebutuhan berakhir apabila deskripsi lengkap dari perilaku eksternal perangkat lunak yang akan dibangun sudah didapat, termasuk dokumentasi seluruh antarmuka perangkat lunak dengan lingkungannya (perangkat keras, perangkat lunak lain, pemakai) yang dicatat dalam dokumen SRS (Software Requirements Specification) atau Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak (SKPL). Atau disebut juga Dokumen System Proposal.

    Sumber: 1. Catatan kuliah Analysis Requirement System mata kuliah Analisa Perancangan Sistem
    Oleh Stanley Karouw,MTI
    2. http://www.scribd.com/pury_anam/d/76273987/42-Teknik-Pengumpulan-Requirement

    BalasHapus
    Balasan
    1. topik yang anda pilih cukup menantang ....

      saya kira anda telah memberikan pemahaman yang cukup lengkap terkait proses pendefinisian requirements ...

      link kutipan anda yang harus lebih dipertajam, dengan mengutip dari sumber yang lebih kompeten ...

      nilai anda: A

      Hapus
    2. thanks mner
      Thanks juga sarannya. GBU

      Hapus
  11. Nama : Ribka Pakasi
    NRI : 100216072

    1. Pengertian mendasar tentang sistem, sistem informasi dan teknologi informasi, termasuk membedakan antara apa yang dimaksud dengan data dan informasi


    Pengertian Sistem dalam pengertian yang paling umum adalah sekumpulan benda yang memiliki hubungan di antara mereka.
    Sedangkan Menurut LUDWIG VON BARTALANFY, Sistem merupakan seperangkat unsur yang saling terikat dalam suatu antar relasi diantara unsur-unsur tersebut dengan lingkungan.
    Menurut saya:
    Sistem adalah suatu kesatuan yang terdiri dari banyak komponen yang saling terkait atau saling bergantung membentuk suatu keseluruhan yang kompleks.
    Contohnya: Organ tubuh manusia yang membentuk berbagai system. Seperti system pernafasan dan system pencernaan manusia.
    Sistem informasi adalah satu kesatuan data yang saling melengkapi yang menghasilkan output baik dalam bentuk gambar, suara maupun tulisan. Sedangkan Teknologi informasi adalah suatu gabungan dari teknologi computer (hardware dan software) dan teknologi komunikasi.
    Data adalah suatu keterangan mengenai suatu kenyataan yang masih mentah atau belum diolah. Sedangkan Informasi adalah data yang telah diorganisasikan dalam bentuk yang sesuai untuk digunakan oleh pemakai data yang sesuai.
    Contoh:
    Data : nama dan harga disupermarket
    Informasi : jumlah harga yang harus dibayar oleh konsumen

    SUMBER :
    http://www.idafazz.com/pengertian-sistem.php
    http://www.jaringankomputer.org/pengertian-teknologi-informasi-komponen-teknologiinformasi/
    http://tikhajockam.blogspot.com/2010/02/pengertian-data-informasi-beserta.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke ... jawaban yang anda tuliskan cukup lengkap, dengan contoh yang tepat!

      hanya link acuan anda yang perlu dipertajam kembali, sebaiknya mengutip dari buku teks ataupun link link yang kompeten ...

      nilai anda: A

      Hapus
    2. iyaaa..
      makasiihh mner...

      Hapus
  12. Nama : Viastri Rindengan
    Nri : 100216066
    3. Memahami faktor-faktor "penggerak bisnis dan penggerak teknologi" yang mempengaruhi pengembangan sistem informasi!

    Menurut pendapat saya :
    faktor penggerak yaitu individual,kelompok, perusahaan, karena dengan berkembangnya kemajuan teknologi melalui perkembangan teknologi seseorang bisa lebih gampang untuk berbisnis.. banyak contoh-contoh sekarang ini seperti dulu kalau sebelum berkembangnya teknologi orang-orang harus membeli baju, sepatu, dll harus pergi ke toko. Tapi setelah berkembangnya teknologi saat ini orang-orang hanya bisa membeli lewat internet sebaliknya dengan berkembangnya penggerak bisnis mendorong orang untuk mengembangkan system informasi yang dapat mempermudah orang menjalankan bisnis itu sendiri…

    beberapa teknologi yang mempengaruhi pengembangan suatu informasi adalah :
    -jaringan dan internet
    -teknologi mobile dan wireless

    Beberapa penggerak bisnis dari system informasi adalah :
    -Globalisasi ekonomi
    -Bisnis Proses redesign



    http://www.scribd.com/doc/57908870/14/Penggerak-Teknologi-dari-Suatu-Sistem-Informasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. tepat skali contoh anda untuk faktor penggerak teknologi ...

      coba anda jelaskan bagaimana sebuah teknologi mobile dan wireless bisa menggerakkan pengembangan sistem informasi suatu organisasi, katakanlah organisasinya unsrat!

      Hapus
    2. teknologi mobile dan wireless di unsrat misalnya jaringan internet PTI di unsrat. mahasiswa bisa mengaksesnya dan bisa mengembangkan sistem informasi. contohnya portal. ketika mahasiswa mengakses portal dan terdapat kekurangan mahasiswa bisa memberikan masukan untuk lebih mengembangkan portal(sistem informasi)

      Hapus
  13. NAMA : YURICHA DATU
    NRI : 100216074

    4.Memahami proses pengembangan sistem informasi sebagai daur hidup!
    Menurut saya :
    Siklus hidup sistem informasi dimulai dari tahap perancanan, pengembangandan pengevaluasian secara terus menerus untuk menetapkan apakah sistem informasitersebut akan digantikan dengan baru dan dimulai dari perancanaan kembali.
    Proses pengembangan sistem informasi terdiri dari Lima fase yaitu fase perancangan,fase analisis,fase desain,fase pelaksanaan/implementasi dan yang terakhir fase pemakaian/penggunaan.Dari kelima fase di atas, empat fase di awal disediakan untuk dikembangkan, jadi metode yang ada didalamnya dapat berkembang sesuai zaman. Sedangkan fase yang terkahir tidak untuk dikembangan, hanya sebagai pelaksanaannya saja. Jadi Proses pengembangan sistem informasi sebagai daur hidup adalah proses evolusi yang diikuti oleh pelaksanaan sistem informasi dasar-dasar atau subsistem. Konsep daur hidup menjadikan segala sesuatu yang tumbuh, menjadi dewasa setiap waktu dan akhirnya mati.
    Disaat sekarang ini siklus hidup system informasi mulai dikembangkan lagi dengan metode terstruktur yang artinya memberikan beberapa peralatan dan metodologi kepada analisis system disamping daur hidup (life cycle) yang telah diterangkan diatas, itu semua untuk perbaikan kearah system informasi yang lebih baik.
    Jadi, kesimpulan saya : siklus hidup system tidaklah luput dari perencanaan yang matang karena tanpa perencanaan tersebut maka suatu system tidaklah dapat berjalan sesuai rencana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sumber : http://www.scribd.com/doc/27251295/25/Siklus-Hidup-Sistem-Informasi

      Hapus
    2. oke ... mungkin bisa anda jelaskan dengan singkat, apa yang dimaksud dengan fase analisi?

      Hapus
    3. fase analisi menunjukan kebutuhan pemakai informasi dan menentukan tingkat penampilan sistem yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

      Hapus
    4. fase analisis menunjukkan kebutuhan pemakai dan menentukan tingkat penampilan sistem yang diperlukan utk memenuhi kebutuhan tersebut ...

      apa yang anda maksudkan dengan menentukan tingkat penampilan sistem?

      Hapus
    5. tingkat penampilan sistem maksudnya kita menentukan bagaimana penampilan sistem itu sesuai dengan kebutuhan pemakai. contohnya, jika suatu sistem yang akan dibuat untuk anak-anak tidak mungkin tampilannya seperti gambar gambar untuk dewasa.

      Hapus
  14. Nama: Yonna Gracella Kaburuan
    NRI : 100216010

    2. Memahami stakeholders yang terkait dalam pengembangan sistem informasi, termasuk memahaminperan seorang sistem analis yang unik dalam mengembangkan sistem informasi!

    1) Stakeholders adalah mereka yang “terkait” langsung
    ataupun tidak langsung dalam pengembangan sistem
    informasi yang memiliki kepentingan tertentu dalam pada satu kegiatan/keperluan bisnis, di dalam pengembangan suatu sistem informasi.

    - Secara umum terbagi atas :
    System owners – sponsor proyek dan penyedia dana
    System users – pengguna langsung dari sistem informasi yang
    akan dikembangkan. User bisa dibedakan menurut tingkat manajemen organisasi; juga bisa dibedakan menjadi internal user
    dan external-user.
    System designer – pengembang yang bertugas untuk
    mendefinisikan, mendisain dan mencari solusi teknis dari permasalahan bisnis yang akan dikembangkan dalam sistem
    informasi
    System builders – pengembang teknis yang membangun sistem informasi berdasarkan disain dari “system designer”.

    2) System Analyst adalah spesialis yang mempelajari masalah dan kebutuhan sebuah organisasi untuk menentukan bagaimana orang, data, proses dan teknologi informasi dapat mencapai kemajuan terbaik untuk bisnis.

    -System Analyst sebagai problem solver, dimana masalah dapat diartikan sebagai sesuatu yang harus dikoreksi, kesempatan untuk meningkatkan/memperbaiki situasi atau petunjuk untuk mengubah sesuatu baik ada keluhan maupun tidak ada keluhan.

    Adapun tujuan Utama dari seorang System Analyst adalah BUKAN untuk menciptakan sistem yang indah, tetapi yang paling mungkin untuk menciptakan
    nilai organisasi, untuk memungkinkan organisasi untuk melakukan pekerjaan yang lebih baik sehingga dapat memperoleh
    keuntungan meningkat.


    Referensi:
    - Catatan Kuliah Analisa Perancangan Sistem oleh: Stanley Karouw, ST, MTI
    - http://fairuzelsaid.wordpress.com/category/bahan-ajar-modul-ti/analisis-sistem-informasi-bahan-ajar-modul-kuliah-ti/

    BalasHapus
    Balasan
    1. bahasan anda sudah diposting terlebih dahulu oleh Novita Sangian ... silahkan memberikan pembahasan yang berbeda,

      topik bisa sama, tapi tentu saja isi pembahasan bisa berbeda ...

      Hapus
    2. 1. Pengertian mendasar tentang sistem, sistem informasi dan teknologi informasi, termasuk membedakan antara apa yang dimaksud dengan data dan informasi!

      - sistem adalah sekelompok komponen yang saling terkait, yang bersinergi untuk tujuan tertentu
      - Sistem informasi adalah sekumpulan komponen pembentuk sistem yang mempunyai keterkaitan antara satu komponen dengan komponen lainnya yang bertujuan menghasilkan suatu informasi dalam suatu bidang tertentu.

      - Teknologi informasi adalah istilah kontemporer yang menjelaskan tentang kombinasi dari komputer
      (perangkat keras dan perangkat lunak) dengan teknologi
      komunikasi/telematika (jaringan data, gambar dan suara)


      Perbedaan data dan informasi yaitu:
      Data merupakan informasi yang disimpan yang dapat sewaktu-waktu di gunakan oleh penggunannya, dapat mencakup fakta dan angka-angka yang relative tidak berarti. sedangkan Informasi adalah data yang telah diproses/memiliki arti. Keberadaan suatu data sangat menunjang terhadap informasi , karena data merupakan bahan mentah yang diperlukan untuk mengambil keputusan.

      referensi:
      - Catatan Kuliah Analisa Perancangan Sistem oleh: Stanley Karouw, ST, MTI
      - http://h3r1666.blogspot.com/2010/05/kesimpulan.html
      - http://carapedia.com/pengertian_definisi_informasi_menurut_para_ahli_info504.html

      Hapus
    3. mana contoh dari data dan informasi dalam suatu sistem informasi portal akademik unsrat?

      Hapus
    4. contoh data dalam portal akademik adalah KRS dan daftar nilai mahasiswa, sdgkan informasi yang dihasilkan berdasarkan data diatas adalah KHS.

      Hapus
  15. Nama : Miranthy Takalelumang
    NRI : 100 216 050

    2. Memahami stakeholders yang terkait dalam pengembangan sistem informasi, termasuk memahaminperan seorang sistem analis yang unik dalam mengembangkan sistem informasi!

    Stakeholder adalah orang yang terkait langsung atau tidak langsung dalam pengembangan sistem informasi. Di Amerika Serikat Stakeholder disebut pekerja informasi, yaitu : orang yang melibatkan pembuatan pemngumpulan, pemrosesan dan pendistribusisan, dan pengguna informasi.
    Dalam hal in, secara luas prespektif stakeholder dapat dibagi 5 kelompok, yaitu :
    - Pemilik sistem (system owner)
    - pengguna sistem (system user)
    - desainer sistem (system designer)
    - pembangun sistem (system builder)
    - analis sistem (sistem analyst)

    Skills yang (harus) dimiliki oleh seorang Analis Sistem
    - Pengetahuan (dan pengalaman) tentang Teknologi Informasi
    - Memiliki ketrampilan sebagai programmer
    - Memiliki pengetahuan bisnis secara umum
    - Memiliki ketrampilan sebagai “problem-solver”
    - Memiliki ketrampilan komunikasi-interpersonal yang baik
    - Memiliki ketrampilan relasi-interpersonal yang baik
    - Fleksibel dan Adaptif pada “perubahan”
    - Memiliki karakter dan etika

    refrensi :
    - Catatan Kuliah Analisa Perancangan Sistem oleh: Stanley Karouw, ST, MTI
    - http://fairuzelsaid.wordpress.com/category/bahan-ajar-modul-ti/analisis-sistem-informasi-bahan-ajar-modul-kuliah-ti/

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba dijelaskan mengapa seorang sistem analist harusnpunya skill programming?

      Hapus
    2. dapat dilihat salah satu dari pembagian kelompok dari prespektif stakeholder yaitu pembangun sistem (system builder) yang merupakan spesialis teknis yang membangun sistem informasi dan komponen yang didasarkan pada spesifikasi desain yang dihasilkan oleh desainer sistem.sebagai contoh dibutuhkan : programmer aplikasi dan programmer database, jadi dapat diambil kesimpulan bahwa seorang analis harus punya skill programming.

      Hapus
    3. saya belum memahami keterhubungan komentar yang anda tulis terakhir dengan kesimpulan yang ada tuliskan mengenai pertanyaan saya mengapa sistem analis harus memiliki skill programming ... harap dituliskan kembali ...

      Hapus
    4. maaf mner komentar di atas belum berhubungan ....
      mnurut saya ...
      seorang sistem analis harus punya skill programming karena seeorang sistem analis adalah seorang yang membangun sistem atau yang disebut system builder dimana sistem builder yang dimaksud adalah spesialis teknins yang membangun sistem informasi dan komponen yang didasarkan pada spesifikasi disain yang dihasilkan oleh desainer sistem.

      Hapus
    5. oleh karena itu seorng sistem analis harus memiliki skill dalam pragramming agar supaya dapat membangun sebuah sistem informasi yang lebih tepat dan akurat sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan ....

      Hapus
  16. Kivenz Makawimbang
    100216006

    7.Memahami teknik-teknik untuk melakukan requirement analysis dan menuangkaannya dalam dokumen system proposal!

    Disini yg saya pahami dengan teknik tekniknya yaitu dengan cara kita
    mengetahui apa tujuannya dulu.

    Tujuan dari kebutuhan analisi yaitu memahami masalah yang akan di
    buat perangkat luna secara menyeluru,.
    kemudian kita harus defenisikan apa yang harus di kerjakan oleh perangkat lunak untuk memenuhi keinginan pemakai.

    Setelah kita sudah mengetahui tujuanya,. kita tentukan jenis kebutuhannya
    di sini ad tiga jenis kebutuhan :
    1.Kebutuhan fungsional yaitu kebutuhan yang berkaitan
    dengan fungsi atau
    proses transformasi yang harus mampu
    dikerjakan oleh sistem informasi.
    2.Kebutuhan Antarmuaka yang
    menghubungkan perangkat lunak dengan
    elemen perangkat keras, perangkat lunak, atau
    basis data.
    3.Kebutuhan Untuk pekerja Kebutuhan yang menetapkan karakteristik unjuk kerja yang
    harus dimiliki oleh perangkat lunak, seperti kecepatan,
    ketepatan, atau frekuensi.

    Jenis jenis kebutuhan di atas memiliki masing masing fungsi dan manfaatnya masing masing.

    Saya juga memehami apabila Tahap Analisis kebutuhan berakhir
    deskripsi lengkap dari perilaku eksternal
    perangkat lunak yang akan dibangun sudah
    didapat, termasuk dokumentasi seluruh
    antarmuka perangkat lunak dengan
    lingkungannya yang dicatat dalam
    dokumen SRS atau Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak (SKPL).

    Yang saya pahami begini mnr..

    BalasHapus
    Balasan
    1. baik pemahaman anda ... coba disebutkan satu dua contoh persyaratan fungsional dalam suatunsistem informasi, misalnya pada Sistem Informasi Portal Akademik Unsrat ...

      Hapus
    2. Yang saya mengerti bgni mnr,..

      Persyartannya harus memiliki user name dan password agar supaya bisa masuk dan melihat informasi - informasi yang ada di dalamnya,..

      Hapus
  17. Nama : Taufan Yusuf Aslah
    NRI : 100216048
    #Topik no 1

    1.Pengertian mendasar tentang sistem, sistem informasi dan teknologi informasi, termasuk membedakan antara apa yang dimaksud dengan data dan informasi?
    Menurut saya, sistem adalah suatu kesatuan yang terdiri atas komponen atau elemen yang saling berinteraksi, saling terkait, atau saling bergantung membentuk keseluruhan yang kompleks, contoh komponennya yaitu komponen elektronik komputer yang membentuk sistem komunikasi, sistem perangkat lunak, sistem perangkat keras, sistem jaringan, dll.
    Sedangkan Sistem Informasi adalah merupakan suatu kumpulan atau seperangkat komponen yang berhubungan dan mendukung dengan fungsi mengumpulkan, memproses, menyimpan dan mendistribusikan informasi.
    Teknologi Informasi adalah suatu perangkat atau alat yang dapat mendistribusikan suatu informasi seperti data, suara, gambar, dan video.

    Menurut saya yang membedakan data dan informasi yaitu:

    Data : sebuah fakta atau serangkaian fakta yang mewakili suatu kejadian, atau fakta dan angka-angka yang relative tidak berarti, yang diubah menjadi informasi oleh suatu pengolah informasi.

    Menurut saya, Informasi adalah hasil dari pengolahan data dalam suatu bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian yang nyata yang digunakan untuk pengambilan keputusan

    Sumber:
    -http://www.scribd.com/doc/44134746/Perbedaan-Data-Dan-Informasi
    -http://kisaranku.blogspot.com/2010/10/pengertian-sistem-lengkap.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. baik, penjelasan anda cukup lengkap ...

      coba tambahkan contoh dari data dan informasi dalam sebuah sistem informasi sederhana ....

      Hapus
    2. Contohnya adalah Sistem layanan akademis yang memungkinkan mahasiswa dapat memperoleh data akademis dan mendaftar mata kuliah yang diambil pada tiap semester.

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. contoh datanya: KRS didapat dari pilihan mahasiswa untuk mata kuliah yang akan diambil.
      Informasi:input KRS dari pilihan mata kuliah yang di ambil mahasiswa memiliki keluaran absen mahasiswa per setiap mata kuliahnya.

      Hapus
    5. KRS berisi apa?
      KHS berisi apa?

      Coba baca kembali ttg pengertian data dan informasi yang anda paparkan ....

      Hapus
    6. menurut pendapat saya Krs berisi data tentang perkuliahan mahasiswa.
      KHS isinya hasil studi dari perkuliahan mahasiswa

      Hapus
  18. Nama : ekaririn anastasia lenehi
    NRI : 100216016

    3. Memahami faktor-faktor penggerak bisnis dan penggerak teknologi yang mempengaruhi pengembangan sistem informasi.

    Menurut saya dalam sebuah perjalanan bisnis faktor-faktor yang ada didalamnya sangat penting karena seMua faktor merupakan bagian yang dapat menunjang sebuah bisnis dan dalam mencari informasi.
    Dan ketika akan melakukan analisa dan perancangan sistem faktor yang sangat pentinv yaitu bisnis dan teknologi karena bisnis merupakan motor dari semua kegiatan sedangkan teknologi merupakan pendukung..
    * Penggerak bisnis itu merupakan orang2 yang terlibat didalam sebuah bisnis seperti karyawan dan konsumen
    * Pengerrak teknologi merupakan perlengkapan yang ada didalam sebuah perusahaan seperti komputer dan lain sebagainya karena dengan teknologi yang ada kita dapat mengetahui segala jenis informasi yang sedang berkembang sekarang karena dengan kita mengetahui dan tahu tentang teknologi maka kita tidak akan pernah ketinggalan informasi.
    Faktor2 ini kalau semuanya berjalan dengan baik maka kita tidak akan pernah ketinggalan informasi dan karena faktor in merupakan faktor utama.dalam.mencari sebuah informasi dari segi manusia dan segi teknologi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebutkan satu dua contoh tentang faktor penggerak teknologi?

      Hapus
    2. contohnya yaitu internet karena dengan menggunakan internet kita bisa mencari informasi
      yang kedua yaitu manusia itu sendiri karena kalau teknologi sudah ada tetapi tidak ada yang menjalankan teknologi tersebut maka semuanya itu hampa
      yang ketiga perangkat yang ada didalam teknologi tersebut karena kalau ada internet dan ada manusia tetapi perangkat didalam teknologi tidak berjalan dengan baik maka semuanya itu tidak dapat dijalankan dan dilaksanakan....

      Hapus
    3. jadi menurut anda, manusia adalah faktor penggerak teknologi? silahkan anda membaca kembali Slide Catatan Kuliah saya ttg Pengantar Kuliah ....

      Hapus
    4. mner saya sudah membacanya dan memang manusia itu bukan sebagai penggerak teknologi akan tetapi sebagai pengantar/pembantu dalam teknologi itu.....

      Hapus
  19. Dea Adelia Tolawo
    100216076

    #Topik 6
    Project Initiation, titik di mana sebuah organisasi menciptakan dan menilai tujuan asli dan harapan untuk sebuah sistem baru. Langkah pertama dalam proses adalah untuk mengidentifikasi sebuah proyek yang akan memberikan nilai bagi bisnis dan untuk membuat permintaan sistem yang menyediakan informasi dasar tentang sistem yang diusulkan. Selanjutnya para analis melakukan analisis kelayakan untuk menentukan kelayakan teknis, ekonomi, dan organisasi
    sistem, dan jika sesuai, sistem ini dipilih, dan proyek pembangunan dimulai. Sedangkan Project Management adalah langkah-langkah penting dari manajemen proyek, yang dimulai pada tahap erencanaan dan berlanjut sepanjang siklus hidup pengembangan sistem (SDLC).
    Pertama, manajer proyek memperkirakan ukuran proyek dan mengidentifikasi tugas-tugas yang perlu
    yang akan dilakukan. Selanjutnya,staf proyek menempatkan beberapa kegiatan di tempat untuk membantu mengkoordinasikan kegiatan proyek. Langkah-langkah menghasilkan deliverable proyek manajemen yang penting, termasuk workplan, staffing plan, and standards list.

    Jadi menurut saya, Project Initiation dan Project Management adalah langkah penting dalam membangun sebuah sistem informasi yang diadakan suatu organisasi untuk mengembangkan kualitasnya dengan sistem yang baru. Dan dengan adanya dokumen-dokumen pada Project Initiation (dokumen business case dan feasibility study) dan Project Management (dokumen Function Poin Analysis, Workplan, WBS dan Gantt Chart), maka suatu organisasi dapat mengembangkan sistem informasinya secara terstruktur dan terencana dengan baik.

    Referensi :
    System Analysis and Design with UML Version 2.0

    BalasHapus
    Balasan
    1. bahasan yang luar biasa terperinci ...sumber kutipan juga sangat tepat!

      nilai anda: A

      Hapus
  20. Nama : Muhammad Iqbal Kaplale
    NRI : 100216042

    1. Pengertian mendasar tentang sistem, sistem informasi dan teknologi informasi, termasuk membedakan antara apa yang dimaksud dengan data dan informasi.

     Sistem : Sistem merupakan sekumpulan unsur atau elemen yang saling berkaitan dan saling mempengaruhi dalam melakukan kegiatan bersama untuk mencapai tujuan.
     Definisi Sistem Informasi : sistem informasi merupakan kumpulan-kumpulan komponen yang saling berkaitan dan terintegrasi dalam proses pengolahan suatu data baik mulai dari input-proses-output atau informasi melalu proses komputerisasi. Contoh SI :Nilai Online di Gunadarma.
     Teknologi Informasi : Teknologi Informasi adalah yang saling berhubungan dengan pengolahan data menjadi informasi dan di proses dan menjadi penyaluran data/informasi tersebut dalam batas-batas ruang dan waktu. Dan Juga teknologi informasi merupakan pengembangan dari teknologi komputer dan dipadukan dengan teknologi komonikasi. Contoh TI : Internet.


    Perbedaan Data dan Informasi.
    Data.
     Data : Data Adalah kumpulan-kumpulan yang belum di olah. Data juga sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masi di perlukan adanya suatu pengolahan. Data juga merupakan suatu nilai, variabel, ataupun kalimat yang diperoleh berdasarkan fakta yang ada dan belum diproses atau diolah. Sebagai contoh adalah jumlah mahasiswa korban jiwa dalam musibah tsunami di Jepang.

    Informasi
     Infomasi : Merupakan kumpulan dari data yang bisa diolah dan dikembangkan, baik hasil maupun sumbernya dapat dari dan ke berbagai macam media. Contohnya adalah berita Tsunami Jepang yang ada di televisi.
     Menurut Gordon B. Davis, informasi adalah data yang telah diolah menjadi suatu bentuk yang penting bagi si penerima dan mempunyai nilai yang nyata yang dapat dirasakan dalam keputusan-keputusan yang sekarang atau keputusan-keputusan yang akan datang.
     Penulis lain, Burch dan Strater, menyatakan: informasi adalah pengumpulan atau pengolahan data untuk memberikan pengetahuan atau keterangan.
     Sedangkan George R. Terry, Ph. D. menyatakan bahwa informasi adalah data yang penting yang memberikan pengetahuan yang berguna.
     Jadi, secara umum dapat saya simpulkan bahwa informasi adalah Informasi adalah data yang telah diolah menjadi sesuatu baik berupa barang atau kata - kata yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat bagi pengambilan keputusan saat ini atau saat mendatang.
    Sumber : http://iwakuarium.kandangbuaya.com
    Sumber : http://www.worldfriend.web.id/blog-friend
    Sumber : http://blog.re.or.id/definisi-informasi-2.htm

    BalasHapus
    Balasan
    1. gimana dengan pendapat anda sendiri? apa yang anda pahami tentang data dan informasi? ada contohnya?

      Hapus
    2. Menurut saya, data adalah sesuatu hal yang masi harus di olah dan di kembangkan oleh si penerima. Contohnya, Data arsib keungan yang di masukkan oleh sekertaris kepada maneger.
      Menurut saya informasi adalah data yang telah di olah menjadi sesuatu hal yang dapat berguna dan di gunakan sebagai petunjuk akan sesuatu. Contohnya hasil olahan data yang di jadikan sebagai referensi oleh meneger. contoh lainnya adalah Ilmu pengetahuan.

      Hapus
    3. jadi contoh anda ttg data adlh data arsip keuangan? sdgkn informasi adalah pengetahuan?

      mungkin anda bisa memberikan contoh dalam suatu sistem informasi perparkiran... kira2 apa yang menjadi data dan informasinya?

      Hapus
  21. Nama : M.Fathir Abdul Gani
    NRI : 100216022

    3. Memahami faktor-faktor "penggerak bisnis dan penggerak teknologi" yang mempengaruhi pengembangan sistem informasi
    Sistem informasi adalah kumpulan data, proses komunikasi, dan teknologi informasi untuk mendukung dan meningkatkan baik bagi operasional bisnis perusahaan, maupun pemecahan terhadap masalah serta pengambilan keputusan bagi manajemen dan pengguna.Banayak hal yang berpengaruh di dalam proses pengembangan sistem informasi yang dipergunakan untuk menyelesaikan problema bisnis yang terjadi di suatu perusahan. Misalnya Meningkatnya Jumlah Pembeli, Banyaknya Jumlah Barang yang di jual Dll.Dengan adanya sistem informasi ini perusahan akan lebih muda dalam melakukan penjualam Misalnya, meningkatkan profit bisnis, mengurangi biaya bisnis, memudahkan pelanggan untuk melakukan pembelian, menguragi kesalahan, meningkatkan keamanan, dan memperoleh kapasitas produksi yang lebih besar.
    faktor penggerak bisnis
    2. Globalisasi ekonomi
    2. eCommerce dan eBussines
    3. privasi dan security
    4. pertnertship dan kolaborasi
    5. knowledge asset management
    6. peningkatan yang berkelanjutan
    7. TQM (total quality management)
    8. Binis proses renasign

    Teknologi komputer (Hardwere dan Softwere) juga mempengaruhi dalam pengembangan sistem informasi , Perkembagan teknologi komputer juga dapat mempermudah dalam sebuah pembuatan sistem informasi
    faktor penggerak teknologi
    1. Jaringan dan internet
    2. Teknologi mobile dan wireles
    3. Teknologi object
    4. Tekonoli kolaborasi
    5. Aplikasi enterprise

    Sumber : Modul kuliah sistem analisis dan Desain - Syamsul A Syahdan

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba anda jelaskan mengapa TQM bisa menjadi faktor penggerak bisnis....

      Hapus
    2. Karna TQM sebagai upaya untuk meningkatkan kinerja, kualitas dan produktivitas organisasi perusahaan telah berkembang dan diimplementasikan. TQM juga melibatkan setiap pelaku organisasi atau usaha dalam sebuah usaha perbaikan secara terus menerus untuk memperbaiki kualitas dan mencapai kepuasan pelanggan

      Hapus
    3. jadi, apa hubungan antara TQM dan pengembangan sistem informasi?

      Hapus
    4. Hubungannya yaitu Ssistem informasi sebagai alat dan fasilisator dapat mendukung pengembangan penerapan stategi TQM di dalam suatu organisasi.

      Hapus
  22. Ridhel A. A. Sumendap
    100216012

    2. Memahami stakeholders yang terkait dalam pengembangan sistem informasi, termasuk memahaminperan seorang sistem analis yang unik dalam mengembangkan sistem informasi!

    #Stakeholder adalah orang yang memiliki kepentingan tertentu dan juga orang yang berperan langsung maupun tidak langsun dalam pengembangan sebuah sistem informasi.


    System owners – sponsor proyek dan penyedia dana,
    System users – pengguna langsung dari sistem informasi yang akan dikembangkan. User bisa dibedakan menurut tingkatmanajemen Organisasi;
    juga bisa dibedakan menjadi internaluser dan external-user.
    System designer – pengembang yang bertugas untuk mendefinisikan, mendisain dan mencari solusi teknis dari permasalahan bisnis yang akan dikembangkan dalam sistem informasi
    System builders – pengembang teknis yang membangun sistem informasi berdasarkan disain dari “system designer”.

    ada juga beberapa stakeholders lain yang dikemukakan oleh berbagai sumber,
    a. Manajer Sistem Informasi

    c. Progamer

    d. Pengguna terakhir

    e. Supporting end User

    f. Manajer Bisnis

    g. Teknisi SI lainnya.


    #Skills yang (harus) dimiliki
    oleh seorang Analis Sistem
    - Pengetahuan (dan pengalaman) tentang Teknologi Informasi
    - Memiliki ketrampilan sebagai programmer
    - Memiliki pengetahuan bisnis secara umum
    - Memiliki ketrampilan sebagai “problem-solver”
    - Memiliki ketrampilan komunikasi-interpersonal yang baik
    - Memiliki ketrampilan relasi-interpersonal yang baik
    - Fleksibel dan Adaptif pada “perubahan”
    - Memiliki karakter dan etika

    # Menurut saya peran seorang sistem analis yang unik dalam mengembangkan sistem informasi adalah dia harus mampu menjadi fasilitator antara seluruh stakeholder yang berperan dalam pemakaian dan pengembangan sistem informasi.


    Sumber Referensi:
    *https://masramadhan.wordpress.com/2009/02/22/stake-holder-information-sistem
    *Catatan Kuliah Analisa & Perancangan Sistem oleh: Stanley Karouw ST,MTI

    BalasHapus
    Balasan
    1. mengapa sistem analis harus memiliki skill komunikasi interpersonal yang baik?

      Hapus
    2. Agar supaya seorang sistem analis dapat menggali informasi yang tepat dan bermanfaat untuk pengembangan sistem informasi dari stakeholder-stakeholder yang ada.

      Hapus
  23. Iwan Laengge
    100216018

    1. Pengertian mendasar tentang sistem, sistem informasi dan teknologi informasi, termasuk membedakan antara apa yang dimaksud dengan data dan informasi!

    Menurut saya system merupakan sekumpulan komponen atau elemen yang saling berkaitan dan saling mempengaruhi dalam melakukan kegiatan bersama untuk mencapai suatu tujuan. Contohnya sistem pemerintahan, sistem perundang-undangan dll. Sistem informasi merupakan suatu alat yang mampu menyediakan informasi yang bermanfaat bagi penggunanya. Sedangkan teknologi informasi merupakan alat mekanis dan digital yang diciptakan oleh manusia untuk membantu mendapatkan informasi.

    Perbedaan data dan informasi :

    Data : Data merupaka kumpuan huruf atau angka yang blm di olah sehingga tidak memilikai arti bagi penerimanya.
    Informasi : informasi adalah hasil dari pengolahan data dalam suatu bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian yang nyata yang digunakan untuk pengambilan keputusan.

    Sumber :
    http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem
    http://akuntanmuda.wordpress.com/2011/10/04/sistem-informasi-teknologi-informasi-dan-sistem-teknologi-informasi/
    http://www.docstoc.com/docs/20364360/Definisi-Data-dan-Informasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. dalam sistem informasi portal akademik unsrat, menurut anda, manakah data? manakah informasi?

      Hapus
    2. menurut saya data didalam portal akademik unsrat yaitu Kartu Rencana Studi, sedangkan informasi yaitu Kartu Hasil Studi.

      Hapus
    3. Kartu Rencana Studi biasanya berisi apa saja? ... silahkan periksa pengertian anda ttg data dan informasi yang anda tulis sebelumnya ... dan bandingkan dengan isi dari KRS ...

      Hapus
    4. KRS berisi informasi mata kuliah yang akan di kontrak oleh mahasiswa.

      Hapus
    5. pada komentar anda sebelumnya, anda tulis KRS adalah data, dan pada komentar terakhir, anda menuliskan bahwa KRS berisi informasi mata kuliah .... jadi, menurut pemahaman anda, KRS adalah informasi yang berisi informasi?

      Hapus
    6. maaf Mner saya salah pengertian, maksud saya :
      KRS berisi Data mata kuliah yang akan di kontrak oleh mahasiswa.

      Hapus
    7. sedangkan KHS merupakan informasi hasil studi dari perkuliahan mahasiswa

      Hapus
  24. Nama: Rigen R.G Onsu
    Nri: 100216078
    4. Memahami proses pengembangan sistem informasi sebagai daur hidup
    Di dalam system informasi sering terjadi kesalahan besar, ini disebabkan tidak adanya atau teknik pengembangan system. Oleh karena itu pengembangan system mulai di kembangkan dengan menggunakan system daur hidup.
    Untuk merancang sebuah sistem informasi yang baik, diperlukan kemampuan khusus, karena sebuah sistem melibatkan banyak komponen dan banyak pihak (stakeholders). Untuk keperluan merancang tersebut, juga diperlukan kemampuan untuk menganalisa sistem yang ada, entah sistem tersebut sudah menggunakan teknologi informasi ataupun belum.
    Daur hidup sistem (system life cycle-SLC), adalah proses evolusioner yang diikuti dalam menerapkan sistem atau subsistem informal berbasis komputer. SLC dilakukan dengan pendekatan sistem secara teratur dan dilakukan secara top-down, oleh karenanya sering disebut pendekatan air terjun (waterfall approach) bagi pengembangan dan penggunaan sistem.
    Daur hidup sistem terdiri dari 5 tahap. Empat tahap pertama :perencanaan, analisis, rancangan, dan penerapan, dimaksudkan bagi pengembangannya.
    sumber: www.google.com/siklus-hidup-sistem Sumber: http://id.shvoong.com/internet-and-technologies/computers/1859298-metode-perancangan-dananalisissistem/#ixzz1saUID0pM
    http://id.shvoong.com/internet-and-technologies/computers/1859298-metode-perancangan-dan-analisis-sistem/#ixzz1saUID0pM

    BalasHapus
    Balasan
    1. jelaskan dengan singkat, apa yang terjadi saat tahap perancangan?

      Hapus
    2. Dalam tahap perencanaan, kita mengumpulkan informasi tentang permasalahan serta persyaratannya. Kemudian kita menentukan kriteria dan pembatasan pemecahan, serta memberikan alternatif jalan keluarnya

      Hapus
    3. mungkin anda keliru membaca tulisan saya, yang saya maksudkan itu perancangan, bukan perencanaan ....

      Hapus
    4. Dalam tahap perencanaan, kita mengumpulkan informasi tentang permasalahan serta persyaratannya. Kemudian kita menentukan kriteria dan pembatasan pemecahan, serta memberikan alternatif jalan keluarnya

      Hapus
    5. Dalam tahap perancangan, kita mengumpulkan informasi tentang permasalahan serta persyaratannya. Kemudian kita menentukan kriteria dan pembatasan pemecahan, serta memberikan alternatif jalan keluarnya

      Hapus
    6. harap membaca kembali materi terkait langkah perancangan dalam sistem informasi dan repost kembali jawaban anda....

      Hapus
    7. sekarang saya mengerti mner
      dalam tahap perancangan Pada tahapan desain ada beberapa aktifitas utama yang dilakukan yaitu:
      oMerancang dan mengintegrasikan network
      oMerancang Arsitektur aplikasi
      oMendesain user interface
      oMendesain sistem interface
      oMendesain dan mengintegrasikan database
      oMembuat prototype untuk detail dari desain
      oMendesain dan mengintegrasikan kendali sistem

      Pada tahapan disain perancanagan ada beberapa dokumen yang akan dibuat, meliputi dokumen :
      •Process Modelling (pemodelan proses)
      •Data Modelling (Pemodelan data)
      •Interface Design (Desain Interface)

      Tahapan di atas termasuk dalam tahapan desain secara logikal(logical design). Setelah keseluruhan fase desain logikal selesaitahapan berikutnya adalah desain fisikal (Physical Design).Tahapan fisikal adalah tahapan dimana software dikonstruksi.Tahapan inilah yang sering dinamakan “coding”.

      Hapus
  25. Nama : Deybi Widya Sede
    NRI : 100216084

    # Topik No 4 (Memahami proses pengembangan sistem informasi sebagai daur hidup!)

    Sistem Informasi adalah suatu sinergi antara data, mesin pengolah data (yang biasanya meliputi komputer, program aplikasi dan jaringan) dan manusia untuk menghasilkan informasi. Jadi sistem informasi bukan hanya aplikasi perangkat lunak. Sistem Informasi ada pada hampir setiap perusahaan atau instansi untuk mendukung kegiatan bisnis mereka sehari-hari.
    Suatu sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran yang tertentu. Istilah daur hidup (life cycle) pada suatu sistem di gunakan untuk menjelaskan tahap-tahap yang utama di atas serta langkah-langkah dalam proses perkembangan bahwa siklus hidup system tidaklah luput dari perencanaan yang matang karena tanpa perencanaan tersebut maka suatu system tidaklah dapat berjalan sesuai rencana.
    Maka jelaslah bahwa daur hidup yang terdapat pada sistem engineering dan pada sistem informasi adalah sama dan prinsip-prinsip umum yang sama hendaknya juga dilakukan dengan benar dalam pengembangan sistem informasi. Persamaan antara proses sistem informasi dan sistem engineering kita harus membandingkan daur hidup kedua sistem tersebut,akan tetapi hal yang paling penting adalah daur hidup sistem informasi sangat dekat dengan daur hidup yang terjadi dalam sistem egineering,perencanaan,analisis,disain,pelaksanaan dan perawatan juga merupahkan tahap-tahap pengembangan sistem informasi.

    sumber :
    http://elearning.gunadarma.ac.id
    http://danukusumapraja.wordpress.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut anda, kira kira, apa yang terjadi pada tahap disain?

      Hapus
    2. Tahap Disain meliputi penentuan pemrosesan dan data yang dibutuhkan oleh sistem yang baru, dan pemilihan konfigurasi terbaik dari hardware yang menyediakan disain dan Menetapkan rencana penelitian sistem.

      Hapus
  26. Nama : Jenry Jimmy Masudara
    NRI : 100216064

    1.Pengertian mendasar tentang sistem, sistem informasi dan teknologi informasi, termasuk membedakan antara apa yang dimaksud dengan data dan informasi!

    Dari referensi yang saya baca, menurut saya :
    •Sistem merupakan kesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan yang berada dalam suatu wilayah serta memiliki penggerak.
    •Sistem informasi adalah sekumpulan komponen pembentuk sistem yang mempunyai keterkaitan antara satu komponen dengan komponen lainnya yang bertujuan menghasilkan suatu informasi.
    •Teknologi Informasi adalah seperangkat alat yang membantu kita bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.

    Perbedaan data dan informasi:

    DATA
    Hasilnya masih bersirat mentah
    Digunakan untuk pengolahan lebih lanjut

    INFORMASI
    Hasil olahannya lebih berguna
    Digunakan untuk acuan mengambil keputusan

    Jadi dapat diartikan :
    Data adalah sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih memerlukan adanya suatu pengolahan. Data bisa berujut suatu keadaan, gambar, suara, huruf, angka, matematika, bahasa ataupun simbol-simbol lainnya yang bisa kita gunakan sebagai bahan untuk melihat lingkungan, obyek, kejadian ataupunsuatu konsep.
    Informasi merupakan hasil pengolahan dari sebuah model, formasi, organisasi, ataupun suatu perubahan bentuk dari data yang memiliki nilai tertentu, dan bisa digunakan untuk menambah pengetahuan bagi yang menerimanya

    Referensi :
    http://flashnet.forumotion.com/t43-pengertian-data-dan-informasi
    http://usahasuksesmandiri.blogspot.com/2011/09/apa-perbedaan-data-dan-informasi.html
    http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem
    http://www.scribd.com/doc/24946950/Pengertian-Teknologi-Informasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan berikan contoh data dan informasi dalam suatu sistem informasi ATM

      Hapus
    2. menurut saya:
      Data pada ATM itu berupa biodata dari nasabah,
      Kalau Informasinya adalah berupa pengecekan saldo kita,sisa saldo atau ada promo-promo dari pihak bank dll.

      Hapus
  27. Nama: Meylisa Rasjid
    Nri: 100216002
    Topik: 1. Pengertian mendasar tentang sistem, sistem informasi dan teknologi informasi, termasuk membedakan antara apa yang dimaksud dengan data dan informasi !!

    Menurut saya sistem adalah kumpulan dari unsur yang saling berkaitan atau berinteraksi dan saling mempengaruhi dalam melakukan suatu kegiatan bersama untuk mencapai suatu tujuan tertentu dan sistem komputer sendiri terdiri dari: software, hardware, brainware. Jadi sistem informasi adalah sekumpulan software, hardware, brainware, prosedur dan atau aturan yang diorganisasikan secara integral untuk mengolah data menjadi informasi yang bermanfaat guna memecahkan masalah dan pengambilan keputusan. Teknologi informasi juga menurut saya sangat berperan untuk sistem informasi yang barusan kita bahas, teknik informasi itu sendiri adalah Seperangkat alat yang membantu kita bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informal. Teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi computer (hardware dan software) yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi. kesimpulannya teknologi informasi adalah gabungan antara teknologi computer dengan teknologi komunikasi. Sedangkan perbedaan antara ‘Data’ dan ‘Informasi’, adalah 2 kata yang kita yakini perbedaan maknanya, namun terkadang sulit untuk diungkapkan. Secara garis besar, keduanya merupakan sumber berita yang sama-sama dapat dijadikan bahan acuan pengambilan tindakan selanjutnya/keputusan. Namun, informasi cenderung diartikan sebagai berita yang keakuratannya tidak kuat. Karena informasi biasanya tidak didukung dengan berkas yang menggambarkan situasi berita tersebut. Walaupun begitu, informasi juga dapat digunakan sebagai pendukung pengambilan keputusan. Data adalah berita yang dijamin keakuratannya karena didukung oleh sumber yang terpercaya dan dapat di lacak kebenarannya (sumbernya jelas). Biasanya, data sudah dikemas dalam bentuk berkas ( berkas tidak selalu berupa kertas namun juga dapat berupa file komputer atau sebagainya).

    sumber:
    [1]. http://ml.scribd.com/doc/24946950/Pengertian-Teknologi-Informasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba berikan contoh data dan informasi dalam suatu sistem registrasi mahasiswa baru ...

      Hapus
    2. data: daftar mahasiswa baru yang telah teregistrasi.
      informasi: jumlah mahasiswa baru yang lulus ujian saringan masuk universitas tersebut.

      Hapus
    3. pada daftar mahsiswa baru biasanya terdiri dari apa?

      Hapus
    4. untuk setiap mahasiswa baru mempunyai data masing-masing seperti: Nama, Ttl, Asal sekolah, Nem, dll.

      Hapus
    5. Nama, TTL, Asal sekolah, Nem, dll.

      Hapus
    6. Nama, TTL, Asal sekolah, Nem, dll.

      Hapus
    7. Nama, TTL, Asal sekolah, Nem, dll.

      Hapus
    8. Nama, TTL, Asal sekolah, Nem, dll.

      Hapus
    9. Nama, ttl, Asal sekolah, nem, dll.

      Hapus
  28. Balasan
    1. Rama Pandean
      100216044
      maaf mner namanya ketinggalan

      Hapus
    2. lha? bahasan anda juga tidak ada bro?

      Hapus
    3. maaf mner saya juga bingung.. dari tadi sudah saya posting tapi setelah di refresh postingannya hilang..
      begitu juga yang terjadi pada beberapa teman saya. tapi saya akan terus mencoba.

      Hapus
  29. Raymon Punusingon
    100216030


    1. Pengertian mendasar tentang sistem, sistem informasi dan teknologi informasi, termasuk membedakan antara apa yang dimaksud dengan data dan informasi!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hanya judul topik?

      mana pembahasan anda? :)

      Hapus
    2. maaf mner, nda tahu kenapa hanya itu yang terposting.
      posting lengkapya ada di bawah..
      terima kasih.

      Hapus
  30. Andi Wicaksono
    100216058

    4.Mehami proses pengembangan sistem informasi sebagai daur hidup
    Fase-fase serta langkah-langkah proses perkembangan sistem biasanya dikenal dengan istilah ‘daur hidup’.Daur hidup sistem informasi sangat mirip dengan daur hidup sistem engineering. kita dapat meringkas tahap-tahap proses perkembangan tersebut sebagai berikut :
    1. Perencanaan
    2. Analisis
    3. Desain
    4. Pelaksanaan atau konstruksi
    5. Perawatan
    Metode klasikal pada perkembangan sistem informasi menekankan pada pemakaian daur hidup dan dokumentasi bagi perkembangan sistem. Akan tetapi sejak permulaan tahun 70-an terdapat metode baru yang di kenal dengan metode terstruktur.Metode baru ini memberikan beberapa peralatan dan metodologi kepada analisis sistem disamping konsep daur(life cycle) untuk mengembangkan sistem informasi yang baik.

    Sumber

    http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/analisis_dan_perancangan_sistem_terstuktur/bab2-siklus_hidup_sistem_informasi.pdf

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut anda, apa yang dilakuakn sistem analis saat fase perawatan?

      Hapus
    2. kemungkinan bahwa sistem menyisakan kesalahan-kesalahan yang tidak terdeteksi pada saat pengujian sistem.
      Analis mendiskusikan jika ada kesalahan atau perlunya dilakukan perubahan terhadap sistem karena sesuatu hal

      Hapus
    3. jika memang ada kesalahan yang belum terdeteksi di fase sebelumnya, seharusnya sistem informasi itu belum dapat diimplemntasikan dong ... karene belum selesai.

      coba baca kembali buku teks yang anda kutip ...

      Hapus
    4. dalam buku teks yang saya baca,perawatan/pemeliharaan dilakukan pada tiap sistem operasional

      Hapus
    5. oke, silahkan posting buku teks yang anda baca ...

      Hapus
    6. sama pada referensi dari materi di atas mner

      http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/analisis_dan_perancangan_sistem_terstuktur/bab2-siklus_hidup_sistem_informasi.pdf

      Hapus
  31. Dalam tahap perancangan, kita mengumpulkan informasi tentang permasalahan serta persyaratannya. Kemudian kita menentukan kriteria dan pembatasan pemecahan, serta memberikan alternatif jalan keluarnya

    BalasHapus
  32. Nama Mercydian Pangkey
    NRI. 100216080

    1. Pengertian mendasar tentang sistem, sistem informasi dan teknologi informasi, termasuk membedakan antara apa yang dimaksud dengan data dan informasi!

    Sistem adalah sebuah struktur konseptual yang tersusun dari fungsi-fungsi yang saling berhubungan yang bekerja sebagai suatu kesatuan organik untuk mencapai suatu hasil yang diinginkan secara efektif dan efesien.
    Sistem Informasi adalah adalah suatu kumpulan komponen yang saling terkait dan terintegrasi dalam proses pengolahan suatu data baik mulai dari input-proses-output/informasi melalui proses komputerisasi. Contoh SI : Nilai Online di Gunadarma
    Teknologi Informasi adalah teknologi yang berhubungan dengan pengolahan data menjadi informasi dan proses penyaluran data/informasi tersebut dalam batas – batas ruang dan waktu. dan Teknologi informasi merupakan pengembangan dari teknologi komputer dipadukan dengan teknologi telekomunikasi. Contoh TI : Internet
    Dari definisin SI bisa dikatan lebih menuju pada proses, atau tahapan pengolahan data menjadi suatu informasi. Sedangkan TI lebih kepada Faktor/alat pendukung dan batasan-batasan dalam penyajian suatu informasi dengan menggunakan alat elektronik berikut perkembangannya.
    Data merupakan suatu objek, kejadian, atau fakta yang terdokumentasikan dengan memiliki kodifikasi terstruktur untuk suatu atau beberapa entitas.
    Informasi merupakan sesuatu yang dihasilkan dari pengolahan data. Data yang sudah ada dikemas dan diolah sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah informasi yang berguna
    Jadi Perbedaan informasi dan data adalah Informasi bisa berupa data-data yang sudah ada rekaman atau catatan yang sering disebut data sekunder, dan bisa langsung didapat dari sumber utama yang disebut data primer. Data itu bisa berupa angka, grafik, gambar/foto. Informasi juga berarti sebagai keterangan atau penjelasan sesuatu yang perlu dijelaskan.

    http://aldyputra.net/2011/08/pengertian-sistem-menurut-para-ahli/
    http://www.worldfriend.web.id/blog-friend/567-definisi-sistem-informasi--teknologi-informasi-dan-ilmu-pengetahuan
    http://risyana.wordpress.com/2009/11/14/pengertian-data-informasi-knowledge-dan-sistem/

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba anda sebutkan data dan informasi pada SI yang anda sebutkan diatas, yakni SI Nilai Gunadharma ...

      Hapus
    2. Salah satu Mahasiswa di Gunadarma yang bernama Geri (Data) mendapatkan nilai A dimata kuliah Analisa dan Perancangan Sistem (informasi) setelah melihat hasil nilainya di Portal Akademik (Sistem Informasi).

      Hapus
  33. Raymon Punusingon
    100216030


    1. Pengertian mendasar tentang sistem, sistem informasi dan teknologi informasi, termasuk membedakan antara apa yang dimaksud dengan data dan informasi!

    Sistem adalah sekumpulan unsur / elemen yang saling berkaitan dan saling mempengaruhi dalam melakukan kegiatan bersama untuk mencapai suatu tujuan.

    Sistem Informasi (SI) adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi. Dalam pengertian ini, istilah ini digunakan untuk merujuk tidak hanya pada penggunaan organisasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK), tetapi juga untuk cara di mana orang berinteraksi dengan teknologi ini dalam mendukung proses bisnis.

    Teknologi Informasi (TI), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information technology (IT) adalah istilah umum yang menjelaskan teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video.

    Data adalah sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih memerlukan adanya suatu pengolahan. Data bisa berujut suatu keadaan, gambar, suara, huruf, angka, matematika, bahasa ataupun simbol-simbol lainnya yang bisa kita gunakan sebagai bahan untuk melihat lingkungan, obyek, kejadian ataupunsuatu konsep.

    Informasi merupakan hasil pengolahan dari sebuah model, formasi, organisasi, ataupun suatu perubahan bentuk dari data yang memiliki nilai tertentu, dan bisa digunakan untuk menambah pengetahuan bagi yang menerimanya. Dalam hal ini, data bisa dianggap sebagai obyek dan informasi adalah suatu subyek yang bermanfaat bagi penerimanya. Informasi juga bisa disebut sebagai hasil pengolahan ataupun pemrosesan data.

    Menurut saya contoh perdaan data dan informasi adalah
    Data: karyawan dalam suatu perusahaan
    Informasi: daftar nama karyawan yang adal dalam suatu perusahaan

    Sumber referensi:
    -http://fathoni.blog.ugm.ac.id/2011/03/18/perbedaan-data-dan-informasi/
    -http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_informasi
    -http://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_informasi
    -Analisis dan desain sistem informasi oleh Harun Al Rosyid, M.Kom

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo pada sistem informasi Pengelolaan Gaji, manakah yang disebut data dan indormasi tersebut?

      Hapus
    2. menurut saya Dalam konteks ini
      Data berupa : Nama pegawai, jabatn/gol pegawai,waktu masuk kerja, lama waktu lembur.
      Informasi berupa: hasil perhitungan gaji yang harus di bayarkan kepada masing2 pegawai berdasarkan data .

      Hapus
  34. Rama Aydi Pandean
    100216044

    2. Memahami stakeholders yang terkait dalam pengembangan sistem informasi, termasuk memahami peran seorang sistem analis yang unik dalam mengembangkan sistem informasi.
    Menurut Saya Personal atau orang yang terlibat dan tertarik didalam pengembangan sistem informasi (yaitu : perubahan kedalam sistem yang baru) baik yang bekerja secara teknis maupun non teknis disebut sebagai stakeholders.

    Dan Stakeholders dalam sistem informasi secara terperinci dapat diklasifikasikan dalam tujuh
    bagian:
    1. System Analysts (Analis Sistem)
    2. System Owners (Pemilik Sistem)
    3. System Users (Pemakai Sistem)
    4. System Designers (Pendisain Sistem)
    5. System Builders (Pembangun Sistem)
    6. Information Technology Vendors (Penyedia IT)
    7. Information Technology Consultants (Konsultan IT)

    Analisis stakeholder merupakan proses pengumpulan data secara sistematis dan analisis informasi kualitatif untuk menentukan kepentingan-kepentingan yang perlu dipertimbangkan saat pengembangan atau implementasi program sehingga analisis ini dapat digunakan untuk mengelola dampak sosial dan distributif proyek, program atau kebijakan dan mengantisipasi konflik kepentingan. Analisis meliputi tiga tahap yaitu :
    1. Inventarisasi stakeholder
    2. Kajian pengaruh dan kepentingan
    3. Identifikasi partisipasi
    System analysts merupakan fasilitator dari pengembangan system informasi danaplikasi computer. Kapasitas sebagai seorang analis adalah mampu berinteraksi dengan setiap stakeholder yang lain didalam sebuah sistem untuk system owners dan system users peran analis adalah mengidentifikasi dan mengvalidasi permasalahan dan kebutuhan – kebutuhan bisnis, sedangkan untuk system designers dan system builders peran analis adalah mencarikan solusi teknis dalam menentukan kebutuhan - kebutuhan bisnis dan kemudian mengintegrasikan solusi teknis tersebut kedalam bisnis.

    Peran dari seorang analis system ia harus dibekali dengan disiplin ilmu pengetahuan tertentu
    serta keterampilan yang mendukung dan memadai dengan permasalahan yang dihadapi, karena menyangkut kebutuhan - kebutuhan yang diperlukan.
    Ketrampilan yang dibutuhkan analis sistem:
    1.Pengetahuan tentang teknologi informasi
    2.Pengalaman dan pengetahuan programming
    3.Kemampuan problem solving
    4.Ketrampilan komunikasi interpersonal
    5.Ketrampilan relasi interpersonal
    6.Kemampuan menyesuaikan diri
    7.Karakter dan etika

    Sumber:
    1.http://www.unsri.ac.id/upload/arsip/Konteks%20Pengembangan%20SI.ppt
    2.http://elearning.amikom.ac.id/index.php/download/karya/652/b5c2af9ff9b4faec2fb0d08c5c408a29

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa perbedaan system designers dan system builders?

      Hapus
  35. berikan contoh peran stakeholders IT Vendors dan IT Consulting dalam pengembangan sistem informasi ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. salah satu contoh peran IT Vendors perusahaan atau instansi atau perorangan yang membuat sistem informasi.
      salah satu contoh IT Konsulting perusahaan atau instansi atau perorangan yang mendesain sistem informasi.

      Hapus
    2. IT vendors---Banyak dunia bisnis membeli software - software aplikasi yang khusus untuk mendukung fungsi
      – fungsi bisnisnya meskipun disisi lain tidak memberikan keunggulan berkompetisi, seperti penggajian dan manajemen keuangan, IT vendors ini sudah merupakan bagian pokok dalam pengembangan sistem informasi yaitu sebagai mitra kerja para pebisnis dalam penyediaan produk dan jasa pelayanan
      contoh nyatanya : seorang IT vendors menyediakan aplikasi akuntansi yg akan di jual kepada perusahaan.

      IT Konsulting. Sama halnya dengan yang lain yaitu orang yang membantu para pebisnis dalam
      mengembangkan atau memperoleh teknologi informasi dan sistem informasi. Adapun penggunaan
      konsultan lebih khusus dibutuhkan dalam pengetahuan atau keterampilan atau keperluan yang
      mendesak dalam penambahan tenaga analis dan pemrogram sebagai pelengkap dalam sebuah proyek.
      contoh nyatanya: seorang IT konsulting memantau proyek yang melibatkan system analis.

      Hapus
  36. maaf mner saya ga bisa reply, jadi saya coba bales di sini.
    Nama: meylisa rasjid
    nri: 100216002

    daftar mahasiswa baru terdiri dari: Nama, TTL, Asal sekolah, Nem, dll.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya anda BERHASIL reply, bahkan berkali-kali .. :)

      Hapus
  37. 1. Pengertian mendasar tentang sistem, sistem informasi dan teknologi informasi, termasuk membedakan antara apa yang dimaksud dengan data dan informasi!

    nama : Feiby M Pongoh
    nri : 100216008

    sistem : adalah suatu kumpulan yang saling berhubungan.

    Sistem informasi adalah kombinasi antara prosedur kerja,informasi,orang dan teknologi informasi yang diorganisasikan untuk mencapai tujuan dalam sebuah organisasi.
    Teknologi informasi yaitu mencakup perangkat keras,perangkat lunak untuk melaksanakan satu atau sejumlah tugas pemrosesan data seperti menangkap, mentransmisikan,menyimpan,mengambil dan memanipulasi atau menampilkan data.

    data dan informasi ..
    data yaitu : kumpulan suatu kejadian yang nyata.
    sedangkan informasi : adalah hasil yang di dapatkan dari suatu kejadian.

    referensi :http://sites.google.com/site/tirtayasa/memahami-konsep-dasar-tik/gambaran-umum-sistem-informasi-dan-teknologi-informasi

    BalasHapus
  38. Feiby Pongoh
    100216078

    1. Pengertian mendasar tentang sistem, sistem informasi dan teknologi informasi, termasuk membedakan antara apa yang dimaksud dengan data dan informasi!

    Sistem adalah suatu kumpulan yang salling berhubungan.
    Sistem kombinasi adalah kombinasi antara prosedur kerja, informasi, orang dan teknologi informasi yang di organisasiakan untuk mencapai tujuan dalam sebuah organisasi.
    Teknologi informasi yaitu mencakup perangkat keras, lunak untuk melaksanakan satu atau sejumlah tugas pemrosesan data seperti menangkap, mentransmisikan, menyimpan, mengambil dan manipilasi atau menampilkan data.
    Data dan informasi, data yaitu kumpulan suatu kejadian yang nyata. Sedangkan informasi adalah hasil dari pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih berarti.

    sumber: google.com/gambaran-umum-sistem-informasi-dan-teknologi-informasi-html

    BalasHapus