Sabtu, 28 April 2012

Metodologi RAD - Rapid Application Development

Metodologi RAD merupakan salah satu metodologi pengembangan perangkat lunak yang "cepat". RAD merupakan hasil adaptasi dari Waterfall yang dirasakan cukup lama. Saya pernah membimbing seorang mahasiswa KP/TA dengan menggunakan metodologi RAD dalam mengembangkan aplikasi berbasis web. 
Berikut adalah catatan saya mengenali langkah-langkah metodologi RAD. Dalam metode RAD terdapat langkah-langkah yang dibagi dalam empat fase. Langkah-langkah metode RAD adalah sebagai berikut:
 
3.1 Fase Analisis Persyaratan
Fase ini memiliki tujuan untuk mengidentifikasi layanan, batasan, dan obyektifitas dari sistem dari pengumpulan data yang dilakukan terhadap stakeholders. Selain itu analisis persyaratan juga bertujuan untuk mendefinisikan persyaratan user dan sistem. Hasil akhir dari analisis persyaratan yaitu spesifikasi awal dari persyaratan user dan sistem. Adapun Fase 1 ini terdiri dari 5 langkah  yaitu sebagai berikut:
a.    Langkah 1.1:  Komunikasi dan Perencanaan Proyek
Tujuan dari langkah komunikasi dan perencanaan proyek adalah untuk mengidentifikasi kegiatan, patokan, dan apa yang harus dihasilkan oleh proyek. Langkah 1.1 ini menghasilkan perencanaan proyek, manajemen perubahan persyaratan dan manajemen resiko.
b.    Langkah 1.2:  Studi kelayakan
Tujuan dari studi kelayakan adalah untuk menentukan apakah proyek dapat dilanjutkan. Jika proyek dapat diteruskan, studi kelayakan akan menghasilkan rencana proyek dan estimasi biaya untuk tahap pengembangan selanjutnya. 
Ada 4 macam studi kelayakan yang dapat dilakukan yaitu:
i.  Teknis: Kelayakan teknis digunakan untuk menentukan penggunaan solusi teknis tertentu dalam sistem/proyek, dan ketersediaan sumber daya dan keahlian teknis.
ii.  Operasional: Kelayakan operasional adalah ukuran seberapa baik solusi akan berhasil dalam organisasi. Studi kelayakan ini juga mengukur persepsi orang akan sistem/proyek.
iii.  Ekonomi: Kelayakan ekonomi digunakan untuk mengukur biaya yang mempengaruhi proyek/solusi. 
iv.  Penjadwalan: Kelayakan penjadwalan digunakan untuk mengukur timeline proyek. 
c.   Langkah 1.3:  Spesifikasi pengguna
Tujuan dari spesifikasi pengguna yaitu untuk mengidentifikasi dan menetapkan kebutuhan user mengenai apa yang akan dicapai oleh proyek ini. Hasil dari daftar pengguna beserta tugas dan tanggung jawabnya, problem statement matrix, dan daftar prioritas kebutuhan pengguna.
d.    Langkah 1.4:  Spesifikasi sistem
Tujuan dari spesifikasi sistem adalah menjelaskan kebutuhan dan keinginan akan adanya sistem informasi. Dapat memberikan deskripsi mengenai fungsi-fungsi, fitur-fitur (atribut) dan batasan-batasan yang dibutuhkan sistem. Langkah ini menghasilkan pernyataan yang jelas mengenai tujuan dibangunnya sistem, fitur-fitur aplikasi dan batasan-batasannya.
Semua hasil dari langkah-langkah yang terdapat dalam fase 1 ada pada dokumen fase 1.
 
3.2 Fase Analisis Modeling
Tujuan dari fase analisis modeling adalah menganalisis semua kegiatan dalam arsitektur sistem secara keseluruhan dengan melibatkan identifikasi dan deskripsi abstraksi sistem perangkat lunak yang mendasar dan hubungan-hubungannya. Selain itu, analisis modeling juga bertujuan untuk meningkatkan pemahaman terhadap permasalahan tanpa mempertimbangkan solusi teknis. Hasil akhir dari analisis modeling yaitu diagram model logis dari sistem yang sedang berjalan, diantaranya use case diagrams, class diagram, dan sequence diagrams. Fase 2 ini terdiri dari:
a.    Langkah 2.1:  Mengidentifikasi pelaku bisnis
Tujuan dari langkah ini yaiut untuk mengidentifikasi user yang terlibat dalam bisnis proses beserta dengan peranan/tanggung jawab mereka dalam penggunaan sistem. Hasilnya adalah daftar aktor beserta tugas dan tanggung jawabnya.
b.    Langkah  2.2:  Menganalisis proses dan kinerja sistem
Tujuannya yaitu untuk memperoleh deskripsi secara jelas mengenai dukungan fungsional dan non-fungsional yang menjadi kebutuhan terhadap sistem yang dikembangkan dengan menggunakan model diagram use case. Hasil dari langkah ini yaitu use case diagram.
c.    Langkah 2.3: Mengidentifikasi struktur obyek dan relasinya
Tujuan dari langkah ini yaitu untuk mengidentifikasi dan pemodelan kelas objek dalam sistem yang akan dikembangkan, yang menggambarkan struktur obyek dalam sistem.
i.    Menemukan objek yang potensial
Tujuannya yaitu untuk menemukan kata benda yang berhubungan dengan entitas bisnis. Hasilnya yaitu daftar objek yang berpotensi.
ii.    Mendokumentasikan bisnis obyek dan relasinya
Tujuannya untuk mengatur obyek-obyek yang telah diidentifikasi dan mendokumentasikan hubungan konseptual utama antara obyek-obyek tersebut. Hasilnya adalah class diagram (yang dikenal juga sebagai object association diagrams).
iii.    Analisis perubahan keadaan obyek
Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi dan memodelkan obyek yang mengalami perubahan keadaan. Hasil dari analisis perubahan keadaan obyek yaitu activity diagrams.
 
3.3 Fase Desain Modeling
Tujuan dari fase desain modeling yaitu melakukan perancangan sistem berdasarkan analisis yang telah dilakukan sebelumnya. Tahap analisis dan desain mengalami perulangan hingga diperoleh rancangan sistem yang benar-benar memenuhi kebutuhan. Selain itu, fase 3 ini juga bertujuan untuk memberikan spesifikasi yang jelas dan lengkap kepada programmer dan teknisi. Hasil akhir dari fase ini yaitu basis data, antarmuka, dan spesifikasi desain. Fase 3 ini terdiri dari:
a.    Langkah 3.1:  Memodelkan kembali diagram use case untuk  merefleksikan  lingkungan  implementasi
Tujuanya adalah untuk memperlihatkan perubahan dari analisis use case menjadi desain use case dan memperbaharui model diagram use case dengan menambahkan lebih banyak fakta dari proses pengembangan dan dokumentasi untuk memperlihatkan use case yang baru. Hasil dari langkah 3.1 adalah design use cases (physical.)
b.    Langkah 3.2:  Memodelkan interaksi obyek dan behaviours
Tujuannya adalah untk mengidentifikasi dan mengelompokkan perancangan obyek dan atribut-atribut yang dibutuhkan secara fungsional yang telah dispesifikkan sebelumnya lewat setiap use case dan mengidentifikasi object interactions. Hasilnya yaitu daftar interface, control, dan entity untuk setiap obyek., use case diagram, activity diagram, sequence diagram.
c.    Langkah 3.3:  Desain antarmuka
Tujuannya adalah untuk menyediakan detail elemen multimedia yang akan digunakan, message yang akan disampaikan, presentasi isi, map navigasi, contoh halaman, dan storyboard. Hasil dari tahap 3.3 yaitu storyboard.
d.    Langkah 3.4:  Membuat algoritma
Tujuannya yaitu untuk merepresentasikan prosedur logic dari fungsi yang dibuat dalam aplikasi. Hasilnya adalah flowchart.
 
3.4 Fase 4: Konstruksi
Tujuan dari fase konstruksi adalah untuk menunjukkan platform, hardware dan software yang digunakan serta batasan dalam implementasi, serta menguji performansi prototipe perangkat lunak yang telah dibangun agar dapat diketahui apakah prototipe tersebut telah sesuai dengan spesifikasi analisis dan perancangan yang telah diidentifikasi sebelumnya. Hasil akhir dari fase konstruksi adalah platform, hardware dan software yang digunakan, serta daftar batasan implementasi, dan rencana pengujian. Fase 4 ini terdiri dari:
a.    Langkah 4.1: Lingkungan implementasi
Tujuannya yaitu menfasilitasi pengembangan sistem dengan menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang sudah disediakan. Hasilnya adalah daftar perangkat keras dan perangkat lunak.
b.    Langkah 4.2: Implementasi basis data
Tujuannya yaitu membangun basis data berdasarkan pemodelan kelas objek. Hasilnya adalah basis data sistem.
c.    Langkah 4.3: Melakukan pemrograman
Tujuannya yaitu membuat pengkodean sistem berdasarkan model algoritma dan diagram objek yang telah dirancang.Hasilnya adalah kode program.
d.    Langkah 4.4: Implementasi antarmuka
Tujuannya adalah untuk membangun antarmuka pengguna. Hasilnya adalah kode program lengkap dengan antarmuka pengguna.
e.    Langkah 4.5: Pengujian
i. Identifikasi tujuan pengujian sistem.
Tujuannya untuk emperoleh tujuan pengujian sistem agar dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan. Hasilnya daftar tujuan pengujian sistem.
ii. Buat kriteria pengujian sistem
Tujuannya untuk mengidentifikasi kriteria pengujian sistem sehingga menjadi tolak ukur dalam analisis hasil pengujian. Hasilnya daftar kriteria pengujian sistem pakar.
iii. Buat kasus untuk pengujian
Tujuannya untuk menentukan skenario yang akan dilaksanakan dalam pengujian sehinga pengujian dapat dilakukan secara terarah. Hasilnya daftar kasus untuk pengujian.
iv. Lakukan Pengujian Sistem
Tujuannya melaksanakan serangkaian kegiatan pengujian berdasarkan tujuan dan kasus uji. Hasilnya test plan.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar