Sabtu, 28 April 2012

Twitter untuk produktivitas pendidikan

Twitter merupakan aplikasi sosial media berbasis Web 2.0. Untuk memahami apa itu Web 2.0, silahkan klik disini. yang mulai "naik daun". Indonesia termasuk negara dengan pengguna twitter cukup banyak. Yang menjadi pertanyaan disini adalah: apakah twitter bisa digunakan dalam dunia pendidikan?
Faktanya sekarang di Indonesia, penetrasi Internet cukup tinggi. Pengguna aplikasi Web 2.0 pun makin banyak. Namun menurut Prof Zaenal Hasibuan, Ph.D, penggunaan TIIK di Indonesia belum mampu meningkatkan produktivitas bangsa. Baca disini datanya!
Ini berarti menjadi tantangan bagi setiap akademisi untuk memulai gerakan pemanfaatan TIK untuk meningkatkan produktivitas. Salah satunya adalah dengan menggunakan twitter sebagai media belajar-mengajar, guna meningkatkan efisiensi dan efektivitas pendidikan, baik di jenjang pendidikan dasar, menengah terlebih pendidikan tinggi!
Jadi, apakah bisa menggunakan twitter untuk meningkatkan produktivitas dalam dunia pendidikan tinggi? Ternyata bisa! Pada kenyataannya, makin banyak komunitas pendidikan yang menggunakan twitter sebagai sarana pembelajaran di kelas. Bahkan untuk kepentingan riset pun, twitter mulai digunakan. 

Untuk panduan menggunakan twitter untuk dunia pendidikan bisa diunduh disini

Berikut adalah panduan Membuat Akun Twitter:
1.    Buka browser internet anda, lalu ketikkan www.twitter.com pada address bar

2.    kalau anda tidak salah dalam menuliskan
url halaman twitter maka akan keluar gambar seperti di bawah ini,
 
 3.    Klik pada icon sign up now dan tunggu beberapa saat untuk bisa membuat twitter. jika koneksi internet anda cepat maka tidak akan lama akan keluar halaman seperti gambar di sebelah

 4.    Di bagian full name silahkan isi nama lengkap anda, kemudian di bagian username silahkan isi nama atau apa saja yang di gunakan ketika nanti anda akan login ke twitter. Isi saja misalkan simon_petrus atau maria_magdalena kemudian di bagian password silakan isi dengan kata kunci yang anda inginkan (anda harus selalu ingat) bagian email silahkan isi email anda selanjutnya isi form type the word above silahkan isi sesuai dengan kata yang tampil disitu.


5.    Langkah terakhir yaitu tekan
enter atau klik create account

Ta daaa.. anda telah berhasil dalam menjalankan langkah membuat twitter. silahkan cek email anda untuk mengetahui bahwa anda sudah benar-benar sukses mengikuti tutorial membuat twitter ini. Kalau di kotak inbox anda ada email dari twitter berarti anda sudah berhasil mempunyai account twitter. Selamat menikmati berselancar di dunia twitter. Selamat ber-twit yaaaa ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar