Kamis, 05 April 2012

Website Amazing North Sulawesi per Maret 2012

Tak terasa, sebulan sudah website Amazing North Sulawesi "beredar" di internet. Terdapat banyak kemajuan yang dapat dibanggakan dan kekurangan yang harus diperbaiki. Tulisan ini dibuat sebagai apresiasi dan evaluasi Tim Amazing North Sulawesi. 
 Menurut aplikasi counter Amazing North Sulawesi maka terdapat beberapa fakta jumlah visitor, yakni: 
1. Aplikasi Visitor Counter (halaman depan) menunjukkan bahwa website telah dikunjungi sebanyak 3142 pengunjung. 
2. Visitor Pembaca Artikel Tangkoko National Park sebanyak 8940 kali. 
3. Visitor Pembaca Artikel Pulau Bunaken sebanyak 764 kali. 
4. Visitor Pembaca Artikel Malayang Beach sebanyak 633 kali. 
5. Visitor Pembaca headlines Rumah Panggung Woloan sebanyak 2000 kali. 6. Visitor Pembaca headlines Tentang ANS sebanyak 581 kali. 
7. Visitor Pembaca headlines MS Amadea Visited North Sulawesi sebanyak 389 kali. 
8. Visitor Pembaca headlines Pacific Partnership sebanyak 301 kali. 
9. Visitor Pembaca headlines Jacko Siapkan Kapal Pengangkut Sampah sebanyak 373 kali. 
 Jadi, total pembaca konten berita per Maret 2012 adalah sekitar 17.223 visitor. 

Data ini jika dibandingkan dengan data yang terdapat dari-sisi server, maka hampir mirip. Menurut server Web Amazing North Sulawesi, utk bulan Maret 2012 terdapat 16.689 kali akses yang berhasil mengakses halaman-halaman web ANS. Data sisi-server juga menyebutkan bahwa halaman-halaman web ANS diakses oleh alamat IP dari sekitar 34 negara, dgn asal negara adalah Indonesia, Rusia dan Amerika yang terbanyak. 

Menurut hemat saya, ditinjau dari sudut pandang "jumlah kunjungan" maka, website Amazing North Sulawesi cukup fantastis. Tapi, dalam dunia digital, begitu banyak beredar aplikasi-aplikasi berbasis web yang mmeberikan "jasa perhitungan" secara free. Sebut saja www.alexa.com di http://www.alexa.com/ ataupun Google Analytics di http://www.google.com/analytics/ . Alexa.com sangat populer dikalangan media Indonesia, dan hasil perhitungannya menjadi acuan. Google Analytics, sebagai produk yang baru, belum begitu populer, namun cukup presisi dalam memberikan perhitungan. Menurut statistik www.alexa.com maka Peringkat Web Amazing North Sulawesi di level Internasional ada pada peringkat 10 jutaan. Sangat jauh dari beberapa website koran lokal yang ada di Manado. Mengapa hal ini bisa terjadi? Tentu saja, algoritma perhitungan yang digunakan kedua mesin itu (alexa.com dan web server statistik internal ANS) berbeda. Alexa.com mengirung peringkat Traffic Rank sebuah website, dgn menggunakan logika "long tail", dimana singkatnya Alexa.com akan membandingkan jumlah traffic suatu web, dengan web similar yang lain dengan jumlah pengguna internet secara internasional. Ini berarti algoritma perhitungan dari mesin Alexa.com akan menghasilkan statistik perhitungan yang cenderung dinamis, yakni berubah-ubah disetiap waktu. Jika, dibandingkan dengan perhitungan yang digunakan oleh Web Server ANS, yang cenderung menghitung jumlah hit berdasarkan request yang masuk atau berhasil-akses di setiap halaman-halaman web ANS

Jika ditanyakan kepada saya, manakah yang lebih detail? Maka saya akan menjawabnya: kedua-duanya detail. Hanya berbeda dalam "sudut-pandang" perhitungannya saja. Sehingga, yang menentukan metode perhitungan mana yang akan digunakan, tentu saja diserahkan kembali pada stakeholders atau project owner. Website Amazing North Sulawesi telah membuktikan bahwa informasi pariwisata unggulan Provinsi Sulawesi Utara layak dijual dan berharga di mata internasional. 

Sebagai seorang peneliti dalam bidang pemanfaatan TI, maka saya memiliki acuan dan standar yang berbeda dalam mengukur keberhasilan suatu aplikasi web berbasis Web 2.0. Yakni dgn mengajukan pertanyaan: 
berapa besar manfaat yang didapatkan oleh Sulawesi Utara? 

Perhitungan besar manfaat ini, menjadi tantangan tersendiri yang sulit untuk dikerjakan! Semoga official website Amazing North Sulawesi makin maju dan memberikan impact positif; keunggulan kompetitif bagi Sulawesi Utara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar