Selasa, 10 April 2012

Hukum Koomey tentang Computing

Tepatnya, kemaren malam, via twitter Prof @erikbryn, saya mengetahui tentang dipublikasikannya penelitian dari @jgkoomey mengenai:
Computing isn't just getting cheaper. It's becoming more energy efficient

Berikut adalah hasil penelitian dari @jgkoomey:




Hasil penelitian menunjukkan bahwa sejak era computer ENIAC/EDVAC di tahun 1940-an hingga era komputer di 2010, maka terdapat hubungan yang linier antara waktu dan komputasi per kWh. Grafik ini menunjukkan trend yang menyatakan bahwa komputasi semakin murah per kWh.

Sudah diterima oleh setiap mereka yang menekuni dunia teknologi informasi mengenai Hukum Moore, yakni:
Moore's law is a rule of thumb in the history of computing hardware whereby the number of transistors that can be placed inexpensively on an integrated circuit doubles approximately every two years
Ilustrasi Hukum Moore:

Hukum Moore menjelaskan banyak hal mengenai keterhubungan antara kecepatan prosessor dan daya tampung memori. Dan sekarang Hukum Koomey akan menemani Hukum Moore dalam khasanah dunia Teknologi Informasi.

Hasil penelitian @jgkoomey akan mempengaruhi penelitian-penelitian lain dalam area Teknologi Informasi, misalnya dalam area penelitian saya: IT Valuation. Seperti yang dilakukan oleh Prof @erikbryn disini

Investasi Teknologi Informasi akan dapat menemukan salah satu item quantifikasi manfaat bisnis TI. Hal ini tentu saja merupakan berita yang cukup menggembirakan.

Selengkapnya tentang Hukum Koomey bisa dibaca disini .... 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar