Rabu, 25 April 2012

Manfaat Praktis Internet dan Search Engine


Keilmuan Teknologi Informasi biasanya membedakan apa yang dimaksud dengan “browsing”, “searching” dan “surfing”. Surfing diartikan sebagai tindakan berselancar di dunia maya, yakni berpindah (atau melompat) dari satu halaman web kehalaman web lain. Searching diartikan sebagai tindakan mencari di dunia maya, yakni mencari data/informasi dengan menggunakan mesin pencari seperti Google. Sedangkan browsing diartikan sebagai tindakan menelusuri dunia maya, yakni melakukan penelusuran data atau informasi berdasarkan “kategori” tertentu, seperti misalnya dengan menggunakan mesin pencari blekko.

Secara praktis untuk mejelajah internet, anda memerlukan tiga hal:
1) koneksi internet; yang sekarang bisa dilakukan dengan dua cara, yakni melalui wi-fi dan fixed line.
2) memiliki aplikasi browser
3) memiliki aplikasi search engine (mesinpencari)

Pada tulisan ini, saya ingin menulis tips praktis mengenai aplikasi Search Engine (atau Mesin Pencari).
Pada dasarnya, mesin pencari adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk mengenali lokasi URL. Mesin pencari diaktifkan dengan mengetikan kata kunci (keyword).Mesin pencari akan menampilkan alamat URL yang terkait dengan keyword tersebut. Di internet, terdapat ratusan mesin pencari yang dapat diakses secara cuma-cuma. Karena sifatnya sebagai pintu gerbang bagi para pengguna sebelum memasuki situs (website) yang diinginkan, banyak yang menyebut mesin pencari sebagai portal (bandingkan dengan fungsi portal di dunia nyata, yang kerap ditemui di pintu masuk ke sebuah kompleks perumahan). Dari berbagai mesin pencari yang ada, yang paling populer diantaranya adalah: Google, Yahoo, dan Altavista (penulis menganjurkan agar para pemula mempergunakan Google untuk latihan melakukan teknik pencarian). 
Sebelum saya menerangkan tentang aplikasi Mesin Pencari, mari pahami beberapa konsep dasar dalam internet.

1. StrukturAlamat web (URL, hyperlink dan Home Page)
Suatu website, padaha kekatnya adalah sekumpulan data (atau informasi) yang tersimpan dalam suatu www server (atau penyedia www) dan dapat diakses secara bebas oleh setiap orang yang berselancar di internet. Analoginya adalah seperti tempat parkir. Data atau informasi disimpan seperti mobil di-parkir pada suatu lokasi tempat parkir tertentu. Atau, dapat digambarkan seperti hotel, yang memiliki banyak ruang-ruang tertentu, sesuai dengan peruntukan masing-masing.
Yang perlu diperhatikan adalah kita harus tahu PERSIS, alamat dari suatu web site yang ingin kita kunjungi. Alamat dari suatu web site diberikan oleh sesuatu yang disebut URL (atau uniform resource locator). Struktur pengalamatan dari URL ini sangat PRESISI, dalam arti, apabila kita mengetikkan alamat URL tersebut dengan benar, maka kita akan segera “sampai” pada alamat yang kita tuju. Sebaliknnya, jika kita salah mengetikkan URL tersebut, maka sudah pasti kita akan diantar ke alamat-salah berdasarkan URL yang kita ketikkan tersebut. Beberapa contoh URL adala hhttp://www.depkominfo.go.id; atau http://www.kompas.com. Dalam prakteknya, kita tidak perlu mengetikkan “http://www.” untuk membuka halaman web, cukup domain utamanya saja. Misalnya: “depkominfo.go.id”. Perlu diketahui bahwa web site yang aktif di internet saat ini, jumlahnya telah mencapai jutaan dan terus bertambah setiap harinya. Oleh karena itu, kita HARUS menggunakan “search engine” (atau mesin pencari) apabila kita akan mencari web site yang berisi informasi yang kita inginkan. (mengenai teknik-teknik searching dasar, akan diterangkan pada bagian berikutnya).
Halaman website juga memiliki apa yang disebut “hyperlink”. Hyperlink adalah bagian dari suatu halaman web berupa teks (ataupun gambar) yang apabila kita “klik”, maka secara otomatis akan melakukan salah satu hal berikut: membuka bagian lain dari halaman web yang sama, membuka halaman lain dari web tersebut, membuka halaman yang berada pada web site berbeda, mengunduh suatu file tertentu, membuka suatu aplikasi tertentu, video ataupun suara.
Sebagian besar situs di Internet, selalu menampilkan halaman muka yang disebut Home Page. Jika kita sampai pada suatu Home Page, maka kita akan mudah melakukan navigasi terhadap “keseluruhan” halaman web tersebut. Disarankan agar supaya para pengguna, dapat menemukan Home Page dari suatu website untuk memudahkan pencarian dalam website tersebut.

2. Anatomi Search Engine (mesinpencari)
Setiap mesin pencari pasti memiliki sebuah fasilitas dimana para pemakai internet (user) dapat mengetikkan kata kunci yang akan menjadi referensi pencarian. Cobalah mengetikkan sebuah kata (searching key) pada kotak kosong tersebut, misalnya: indonesia
Jika tombol “search” dipilih, maka aplikasi mesin pencari akan mencari di seluruh komputer yang terhubung ke internet, berbagai jenis data baik dalam bentuk dokumen, gambar, audio, maupun video yang di dalamnya terdapat teks bertuliskan kata “indonesia”.  Tentu saja jumlah data tentang indonesia akan terus bertambah dari hari ke hari sejalan dengan bertambahnya jumlah file yang diletakkan pada komputer yang terhubung ke internet. Yang ditampilkan oleh mesin pencari adalah link (alamat) keseluruhan situs yang berhubungan dengan hasil dari pencarian terhadap kata “indonesia” tersebut. Seorang user tinggal meng-click salah satu link yang ada untuk dapat mengakses dokumen yang dimaksud.
Sebagai catatan, tidak semua mesin pencari hasilnya akan langsung mengarah ke situs yang bersangkutan. Yahoo misalnya memiliki hasil dimana keseluruhan situs yang ada digolongkan dahulu menjadi beberapa kategori (atau disebut sistem index). Sistem kategori ini dipergunakan untuk membantu user dalam menentukan informasi mengenai “indonesia” yang paling relevan dengan yang diinginkannya. Karena bisa saja berbeda user berbeda kebutuhannya. Contohnya adalah seorang user yang ingin mencari informasi mengenai profil negara Indonesia, maka yang bersangkutan akan dapat menemukan situs yang relevan di bawah kategori “location”; sementara user yang lain yang ingin mencari berita-berita politik sehubungan dengan negara Indonesia akan dapat memperolehnya pada situs-situs di bawah kategori “news and media”.

3. Tips dalammenggunakanMesinPencari Google
Menurut berbagai sumber terdapat beberapa tips dalam membatasi hasil pencarian dan mempersingkat waktu pencarian apabila anda menggunakan mesin pencari google. Tips tersebut antara lain adalah:
a. Preferensi pencarian dapat diatur dengan menklik Search Settings. Ubah Number of Results ke angka yang lebih kecil untuk mengurangi waktu pencarian.
b. Dibawah logo Google disisi kiri hasil pencarian, klik More │ Discussion atau pergi ke Google Grups. Forum ini merupakan tempat untuk mencari solusi yang berhubungnan dengan masalah-masalah teknis.
c. Untuk pencarian yang lebih terperinci, klik Advanced Search dibawah tombol pencarian pada halaman Google atau pada hasil pencarian untuk melakukan pencarian lebih terperinci berdasarkan tanggal, negara, bahasa atau kriteria lainnya.
d. Gunakan fitur Add-ons. Fitur ini sebenarnya adalah aplikasi tambahan yang bisadiinstalkan pada web browser. Misalnya dengan menginstal Add-ons Google Translate pada browser Chrome; maka apabila kita membuka sebuah halaman web, maka dengan serta merta Google akan langsung menterjemahkan isi halaman web ke dalam bahasa yang kita inginkan.
e. Gunakan format tambahan kata seperti “sisteminformasi: ppt” untuk mencari dokumen-dokumen dengan judul system informasi dalam bentuk presentasi power point. Begitu juga untuk file dalam bentuk doc dan pdf. Hal ini berlaku juga untuk tipe file gambar: jpeg, png dan lain-lain.
f. Tidak perlu menggunakan huruf besar atau huruf kecil; tidak perlu menggunakan akhiran dan tidak perlu menggunakan istilah-istilah umum dan tanda baca. Misalnya pencarian dengan keyword “Raven” dan “The Raven” akan menghasilkan pencarian yang berbeda. Dan search engine tidak akan membedakan pencarian dengan keyword “teknologi” atau “TEKNOLOGI”. Pencarian dengan keyword “snakes” tidak perlu, cukup digunakan  “snake” saja.
g. Apabila kita belum menemukan juga data yang kita cari, maka gunakan search engine yang berbeda seperti Yahoo, Bing, Startpage, Altavista ataupun Lycos.

4. Daftar MesinPencari
Seperti yang telah dijelaskan pada sebelumnya, bahwa mesin pencari itu banyak jenisnya. Berikut ini diberikan daftar beberapa mesin pencari yang bisa membantu anda berselancar di internet:
AOL Search at http://search.aol.com/
AltaVista at www.altavista.com
Ask Jeeves at www.askjeeves.com
Direct Hit at www.directhit.com
Excite at www.excite.com
FAST Search at www.alltheweb.com
Google at www.google.com
HotBot at www.hotbot.com
IWon at http://home.iwon.com
Inktomi at www.inktomi.com
LookSmart at www.looksmart.com
Lycos at www.lycos.com
MSN Search at http://search.msn.com
Netscape Search at http://search.netscape.com
Northern Light at www.northernlight.com
Open Directory at http://dmoz.org
RealNames at www.realnames.com
Yahoo at www.yahoo.com
bleko at www.bleko.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar