Sabtu, 28 April 2012

Metodologi AUP

Metodologi AUP atau Agile - Unified Process merupakan suatu metodologi pengembangan perangkat lunak yang mulai marak digunakan. Menurut hemat saya, metodologi ini paling cocok digunakan oleh mahasiswa dalam menyelesaikan tugas proyek mata kuliah ataupun mengerjakan laporan Kerja Praktek (dan Tugas Akhir)

Gambar 1 menunjukkan menunjukkan Tahapan Proses dan Aktivitas Metodologi AUP


Gambar 2 menunjukkan urutan akvitas pada masing-masing fase AUP




Tahapan pemecahan masalah dengan metodologi AUP, mengikuti langkah-langkah yang dikeluarkan oleh Pusilkom Universitas Indonesia. Panduan Agile UP ini mengacu pada metodologi yang dibuat oleh Ambysoft Inc (lihat Gambar 1 dan Gambar 2). Garis besar tahapan analisa dan perancangan yang dilakukan adalah sebagai berikut:
1)    Inception, 
dengan aktivitas mendefinisikan project scope, mengestimasi biaya dan penjadwalan, mendefinisikan resiko, membuat kelayakan proyek dan mempersiapkan lingkungan pengerjaan proyek (tim, tempat kerja, instalasi, dan sebagainya). Proses iterasi dilakukan satu kali. Artifak yang dihasilkan diantaranya adalah dokumen Vision, dokumen Supplementary Specification, dokumen Glossary, Gantt Chart dan Iteration Plan.

2) Elaboration, 
dengan aktivitas mengidentifikasi dan validasi arsitektur aplikasi. Proses iterasi dapat dilakukan satu sampai dua kali. Artifak yang dihasilkan adalah UML Use Case, Model Arsitektur (update dan snapshot), Architecture Prototype Code, Scenario Test Plan, dokumen Business Rule, dokumen Supplementary dan Glossary yang telah diupdate.
 
3) Construction, 
dengan aktivitas memodelkan, membangun dan menguji sistem aplikasi (unit testing) serta membuat dokumentasi pendukung. Proses iterasi dapat dilakukan dua hingga delapan kali. Artifak yang dihasilkan adalah Use Case (yang telah diupdate), dokumen Supplementary dan Glossary (yang telah diupdate), Domain Model (snapshot), UML Activity Diagram (snapshot), UML Class Diagram (snapshot), CRC Card, UML Sequence Diagram (snapshot), Source Code, Code Documentation, Regression Test Suite, Acceptance Test dan Bugs Report.

4) Transition, 
dengan aktivitas menguji sistem (integration sistem dan user testing), mereview kembali sistem aplikasi dan menginstalasi sistem aplikasi. Proses iterasi dapat dilakukan satu hingga dua kali. Artifak yang dihasilkan adalah Dokumen System Requirement Specification, Dokumen System Technical Specification, Panduan Instalasi dan Panduan Pengguna, Dokumen Pelatihan, Regression Test Suite, User Acceptance Test dan Bugs Report (yang sudah final). 

Panduan Agile UP dari Pusilkom UI juga memberikan best practice dalam melakukan setiap aktivitas di setiap fase. Panduan ini juga membedakan artifak dokumen yang dihasilkan, sebagai artifak utama, artifak pendukung dan artifak input dan artifak output. Panduan ini juga memberikan LCO (Lifecycle Obejctive) berupa dokumen dan presentasi dari setiap fase, sebagai target yang harus dicapai sebelum melanjutkan ke fase yang selanjutnya. Untuk kepentingan penulisan paper ini, maka penulis akan membatasi artifak yang akan ditampilkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar