Selasa, 10 Juli 2012

Masalah Interoperability

Masalah "interoperability" antar tools sepertinya selalu menggerogoti hidup para developer aplikasi. Lihat saja, yang saya alami baru-baru ini. Saya memiliki Microsoft Visual Studio 2008 (original) yang sering saya gunakan untuk mendevelop aplikasi dalam bahasa C++ dan C#. Kesulitannya mulai terasa saat harus mengerjakan aplikasi dalam skala enterprise; yakni saat akan mengintegrasikan model arsitektur aplikasi dengan "working code" ataupun "test code".

Berikut ini adalah kutipan-kutipan dari forum komunitas MSDN:
-------------------------------------------------------------------------------------------
Halo, 
Saya memiliki pertanyaan tentang praktek desain UML dalam NET. 
Apa UML alat yang direkomendasikan untuk digunakan untuk NET dan. VS 2008? 
Apakah ada sesuatu seperti RationlRose untuk. NET? Menggunakan "Rational Rose 2003" Saya belum menemukan "C #" model, misalnya dengan ... 
ada juga IBM Rational Rose Developer untuk Visual Studio , tetapi memiliki "integrasi terbatas dengan VS 2003 dan 2005" ... 
Saya tidak Shure jika alat ini harus atau tidak untuk diintegrasikan di VS, saya pikir tidak penting ... 
Apa yang Anda gunakan? 
By the way, saya ingin jika memungkinkan untuk mengimpor diagram kelas VS (. Cd) ke lingkungan UML
. 

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Jika Anda bertanya kepada saya pertanyaan itu dalam kurun waktu 2003 Studio Visual maka saya pasti akan mengatakan XDE Rasional untuk Visual Studio adalah pilihan terbaik. Hari ini, sejak IBM membeli Rasional dan produk XDE tidak pernah direvisi untuk Visual Studio 2005 atau 2008, jawabannya kurang jelas.

IBM tidak menjual produk yang disebut IBM Rational Software Architect meskipun tanpa plugin. BERSIH (lebih banyak uang untuk itu) alat ini hanya mendukung Java dan C + +.
Aku benar-benar dibeli pada gagasan dari Rasional Lingkungan Pengembangan eXtended (XDE) di mana pemodelan dibangun ke IDE.Tampaknya meskipun bahwa IBM adalah hanya tertarik memberikan janji bahwa jika membangun Eclipse yang. NET pengembang benar-benar tidak mungkin untuk bermigrasi ke Visual Studio ketika tendangan Eclipse dalam segala hal.
Tolong beritahu saya jika Anda tahu dari alat lain UML besar meskipun ...
- Doug
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Saya mencoba untuk mencari tahu hal yang sama.
Saya akan berbagi penemuan saya terbaru dan quandaries.
VS 2003 memiliki SKU disebut Enterprise Architect. Ini seharusnya memiliki alat pemodelan yang kuat.
Sekarang ada SKU disebut Studio Team System 2008 Edisi Visual Arsitektur tapi saya tidak bisa mendapatkannya dari uber-MSDN langganan saya. Aku benar-benar ingin melihat apa yang dilakukannya.
Kemudian, "fungsionalitas pemodelan kuat" itu harus digulung menjadi VS Edisi Tim SKU dimulai dengan '05 dan mungkin melanjutkan '08.
Jadi, saya menginstal Visual Studio Team System 2008 Team Suite bersama dengan Visio Pro 2007. Saya bahkan tidak bisa "balik" proyek (alat yang mengubah kelas C # untuk UML). Pada VS08, "Proyek / Visio UML" pilihan tidak hadir dan tidak ada "Visio UML" Toolbar. Aku agak bingung.
Namun, saya BISA "balik" menggunakan VS05 Professional Edition dengan Visio Pro 2007. Kedua pilihan menu tersebut dan toolbar yang terlihat dalam VS05 PE.
Berikut adalah link mengenai "reverse engineering" alat: http://office.microsoft.com/en-us/visio/HP815507451033.aspx
Ia melakukan pekerjaan yang bagus untuk menciptakan kelas-kelas dan interface UML dari kode C #.
Namun, tampaknya tidak menjadi alat siklus hidup penuh. misalnya saya tidak dapat membuat perubahan pada UML dan memilikinya menghasilkan kode.
BISA SOMEOME DARI MICROSOFT SILAKAN POST PETA JALAN INI macam TECHNOLOGIES DAN ALAT DAN MENJELASKAN APA FUNGSIONALITAS ADALAH SAAT YANG SKU DAN / ATAU KOMBINASI PRODUK?
Banyak terima kasih!
TerryMcP
----------------------------------------------------------------------------------------------
Jawaban singkat:   Reverse engineering dari kode ke model Visio UML bekerja dengan kombinasi Visio Pro 2007 dan Visual Studio Team System untuk Arsitek Software 2005. Tidak bekerja dengan Visio Pro 2007 dan Visual Studio Team System Arsitektur Edisi 2008. Namun, Visio Pro 2007 tidak memungkinkan Anda untuk melakukan reverse engineering dari database.
Mengapa?:   Kemampuan untuk membalikkan kode insinyur sekarang disediakan oleh semua versi dari Visual Studio dalam bentuk desainer kelas di mana kode ini terus disinkronkan dengan model. Fungsi pemodelan tambahan akan disediakan dalam Team System Visual Studio di masa depan.  
David Trowbridge | Grup Manajer Program | Visual Studio Team System Arsitektur Edition | Microsoft 
ADUH!

----------------------------------------------------------------------------------------------

Kutipan-kutipan diatas, makin memperkuat dugaan saya tentang "masalah interoperability" antar tool. Konektivitas UML DIagram dengan IDE Microsoft Visual Studio ternyata baru mulai "terjadi" pada lingkunga IDE Microsoft Visual Studio 2010 untuk Professional Edition.

Mungkin, sudah tiba waktunya Microsoft mulai  mengejar "ketertinggalan" dengan IDE lainnya (yang berbasis FREE), dengan mengintegrasikan kemampuan forward engineering dan reverse engineering-nya.

Belum lagi, dalam persoalan menggunakan framework ataupun metodologi pengembangan ... Saya belum pernah menemukan IDE yang terintegrasi seluruh proses SDLC-nya dengan berbagai kerangka kerja ... apalagi untuk Formal Methods ...

Saya kira a long road head masih harus dijalani oleh para developer ...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar