Rabu, 18 Juli 2012

Software Process

Apa yang dimaksud dengan Software Process?

Sejak tahun 1968, pengembangan perangkat lunak memasuki babakan baru dengan mengadopsi pendekatan system engineering. Pendekatan pengembangan perangkat lunak dengan system engineering bermakna bahwa perangkat lunak dikembangkan menurut kaidah keteknikan yang mengikuti urutan langkah-langkah logis tertentu. 

Dengan demikian, pengembangan perangkat lunak dapat dimodelkan menurut prinsip engineering tertentu. Model pengembangan perangkat lunak inilah yang disebut sebagai software process.
Sommerville mengartikan software process sebagai:
Software processes are the activities involved in producing and evolving a software system. They are represented in a software process model

Selanjutnya, Sommerville mengusulkan bahwa aktivitas umum dari Software Process tersebut adalah:
specification, design and implementation, validation and evolution.

Pressman, melihat software process dari sudut pandang praktis. Lihatlah sebuah Video tayangan berikut ini:


Pendekatan Pressman pada software process adalah communication, planning, modeling dan deployment.

Singkatnya, dalam memahami pengembangan perangkat lunak secara engineering, terdapat langkah-langkah logis yang berurutan tertentu (sebagai proses) yang akan menghasilkan perangkat lunak.

Menurut Sommerville,
terdapat beberapa software process yang berkembang sekarang ini, diantaranya adalah:
1) Model Waterfall
2) Model Perkembangan Evolutionary
3) Model Pengembangan Formal System
4) Model Pengembangan Guna-Ulang (reused-based)

Selanjutnya software process ini "diterjemahkan" menjadi langkah-langkah logis pada metodologi pengembangan perangkat lunak, seperti misalnya RAD, WebEng, RUP ataupun AUP.

2 komentar:

  1. Ilhammad Maulana Ani - 100216052

    Dilihat dari video di atas saya dapat menyimpulkan tentang 5 generic process framework activities :

    1.Communication : Pengembang perangkat lunak melakukan pendekatan komunikasi dengan kostumer yang akan menggunakan perangkat lunak untuk mendapatkan ide-ide spesifikasi perangkat lunak yang di butuhkan.

    2.Planning : Pengembang perangkat lunak mendiskusikan tentang perencanaan kegiatan yang perlu di lakukan seperti lamanya pembuatan program dan berapa banyak programmer yang di butuhkan dengan memperhatikan resiko-resiko yang harus di antisipasi.

    3.Modeling : Pada pembuatan model perangkat lunak, membantu pada tahap perancangan, modeling harus mengacu pada communication dan planning.

    4.Construction : Construction gabungan dari penulisan kode pemograman dan dan pengujian untuk mencari dan memperbaiki error yang ada.

    5.Deployment : Langkah terakhir dari pengembangan perangkat lunak yang di kembangkan lalu perangkat lunak di instal dan di uji coba pada kantor kostumer

    BalasHapus
  2. Kivenz Makawimbang
    100216006

    Di Film di atas menceritakan suatu alur cerita tentang dimana ada terdapat 5 proses untuk membuat suatu applikasi web. Proses pertama yaitu komunikasi, pada proses komunikasi terdapat 3 subject yaitu costumer, direktur pengembangan, dan sistem analisis. Melalui komunikasi antara kedua belah pihak yaitu pihak pemilik tokoh dan pengembangan prangkat lunak dapat digali dan di kumpulkan spesifikasi prangkat lunak yang di butuhkan.Proses yang ke dua yaitu di proses planing menceritakan dimana tim pengenmbangan perangkat lunak merencanakan kegiatan yang perlu dilakukan untuk menghasilkan perangkat lunak yang berkualitas sesuai kebutuhan costumer.Pada proses modeling menceritakan dimna Pada pembuatan model perangkat lunak, membantu pada tahap perancangan, modeling harus mengacu pada communication dan planning.Pada proses Construction menceritakan tentang gabungan dari penulisan kode pemograman dan pengujian untuk mencari dan memperbaiki error yang ada.Yang terakhir pada proses Deployment di sini tahap uji coba pada prangkat lunak yang di rencanakan tersebut.Ke lima proses itu lah yang di ceritakan pada video di atas untuk membuat 1 prangkat lunak yang berbasis web.

    BalasHapus