Jumat, 15 Juni 2012

Automatic Weather Stations - Bagian 2


[Tulisan ini dibuat sebagai contoh Bahan Penelitian untuk Kerja Praktek Mahasiswa Teknik Elektro dan Teknik Informatika, Bagian Pertama dari Tulisan ini, dapat dibaca pada link dibawah ini:

Perangkat Authomatic Weather Stations - AWS 

Perangkat AWS
Secara umum perangkat atau komponen yang di butuh kan untuk membangun AWS di bagi menjadi beberapa bagian utama yaitu :
1. Sensor
Sensor digunakan pada AWS adalah jantung dan jiwa dari sistem. Oleh karena itu banyak perawatan harus dilakukan ketika memilih sensor yang tepat untuk kebutuhan pengguna.AWS standar Biro menggunakan sensor untuk memantau temperature, kelembaban, kecepatan angin dan arah, tekanan dan curah hujan. Sensor lanjutan lainnya yang tersedia untuk aplikasi khusus. Sensor ini dapat memantau ketinggian awan (ceilometer), visibilitas, cuaca saat ini, badai, suhu tanah (pada kisaran kedalaman) dan suhu terestrial. Biro ini juga menyelidiki jenis lain dari sistem seperti penguapan otomatis.
Ada beberapa karakteristik mendasar yang membentuk akurasi dan presisi dari sensor.
  • Resolusi - perubahan terkecil dapat mendeteksi perangkat (ini tidak sama dengan akurasi perangkat).
  • Pengulangan - kemampuan sensor untuk mengukur parameter lebih dari satu kali dan menghasilkan hasil yang sama dalam keadaan yang identik.
  • Response time - biasanya didefinisikan sebagai waktu yang dibutuhkan sensor untuk mengukur 63% dari perubahan.
  • Drift - kestabilan kalibrasi sensor dengan waktu.
  • Histeresis - kemampuan sensor untuk menghasilkan pengukuran yang sama apakah fenomena ini meningkatkan atau menurunkan.
  • Linearitas - penyimpangan sensor dari perilaku garis lurus yang ideal.

Beberapa jenis sensor yang terdapat pada Automatic Weather Station (AWS) antara lain adalah :
a. Sensor Arah Angin
Sensor ini berfungsi untuk mengukur arah angin dalam rentang ukurantara 0 - 360 derajat. Terdapat aneka merk dari beragam produsenbaik dari luar maupun dalam negeri.
b. Sensor Kecepatan Angin
Sensor ini mengukur kecepatan angin, biasanya menggunakan tiga buah piringan (cup) yang bergerak memutar tiang cup yang menghasilkan frekuensi berubah-ubah yang proporsional dengan kecepatan angin. 
c. Sensor Kelembaban Udara
Kelembaban Udara diukur menggunakan suatu sensor kapasitor tipis. Sinyal dari sensor kemudian diubah menjadi dua keluaran sinyal voltase.
d. Sensor Curah Hujan
Volume atau jumlah hujan yang jatuh diukur menggunakan sensor jenis Tipping Bucket. Di pasaran terdapat beragam merk Sensor Curah Hujan seperti Global Water, AllWeather, Vaisala, Casella dan lain-lain.
e. Sensor Radiasi Matahari
2. Data  Logger
Data logger adalah sebuah alat elektronik yang berfungsi mencatat data dari waktu ke waktu baik yang terintegrasi dengan sensor dan instrumen didalamnya maupun ekternal sensor dan instrumen.
Produk luar : CampbellSci, Seba, dll
Produk lokal : Smartdatalogger
3. Catu Daya
Catu Daya berasal dari battery dan solar panel yang berfingsi memberi tenaga kepada AWS agar bisa bekerja secara terus menerus.
4. Penangkal Petir
Berfungsi untuk menetralisir arus bertegangan tinggi dan mengamankan peralatan AWS baik sensor maupun peralatan lainnya.
Diantaranya : Kurn (Lokal), Neoflash, Leader (Prancis), Leitai (Cina)
5. Sistem Akuisisi Data
Merupakan sebuah sistem pengukuran penomena fisik atau listrik seperti tegangan, arus, temperatur dari sensor AWS oleh perangkat akuisisi data yang diteruskan ke komputer untuk diolah dan ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik.
6. Sistem Komunikasi Data
Terdiri dari modem komuniksi GSM (Global System for Mobile communication) 
dan Software Sistem maupun Software Aplikasi yang berfingsi menyimpan dan mengirim data pengamatan.
7. Sarana Penunjang
Berupa tiang, pagar,komputer untuk AWS portable biasa menggunakan trimpot yang bisa di pindah.   

Konfigurasi Perangkat AWS-IP
Sistem telemetri data AWS tersiri dari GPRS, SMS, dial up, dan RF. Dalam sistem telemetri GPRS dan dial up, layanannya memanfaatkan operator GSM komersial dan internet. Dengan demikian, pengguna memperoleh data secara real time dalam bentuk grafik dan data unduhan. Sistem telemetri SMS dimanfaatkan untuk pengiriman data periodik. Data ini dikirimkan sebagai peringatan dini kepada pengguna. Sementara itu, dengan sistem telemetri RF, pengiriman data AWS ke pengguna dilakukan dengan menggunakan frekuensi radio VHF/ UHF. Keuntungan telemetri RF ini adalah bebas biaya.


Sistem telemetri data AWS


Skema Konfigurasi Pengiriman Data pada Sistem Informasi AWS


1 komentar: