Rabu, 06 Juni 2012

Software Configuration untuk Software Engineers

[Tulisan ini dibuat untuk Calon Mahasiswa Informatika, para mahasiswa program studi informatika dan khalayak umum yang ingin mengetahui kompetensi dasar seorang software engineers; untuk tulisan saya sebelumnya yang terkait dengan bagian ini, dapat dilihat disini:
1) Problem Solving untuk Software Engineers disini: http://stanleykarouw.blogspot.com/2012/06/problem-solving-untuk-software.html
2) Matematika Dasar untuk Software Engineers disini: http://stanleykarouw.blogspot.com/2012/06/matematika-dasar-untuk-software.html
3) Dasar Komputasi untuk Software Engineers disini: http://stanleykarouw.blogspot.com/2012/06/dasar-komputasi-untuk-software.html
4) Software Construction untuk Software Engineers disini:
5) Software Modelling untuk Software Engineers disini: http://stanleykarouw.blogspot.com/2012/06/software-modelling-untuk-software.html
karena tulisan ini merupakan tulisan bersambung mengenai topik Kompetensi Yang Harus dimiliki seorang Software Engineers]

Seorang software engineers secara umum, harus memiliki keahlian dalam SOFTWARE DEVELOPMENT atau pengembangan perangkat lunak. Software Development dapat dibagi menjadi beberapa bagian utama, yakni:
  • Software Construction (Konstruksi Software)
  • Software Engineering Models and Methods (Pemodelan dan Metode Software)
  • Software Maintenance (Perawatan Software)
  • Software Configuration (Konfigurasi Software)
Pada bagian ini saya akan menulis tentang Software Configuration atau Konfigurasi Perangkat Lunak. Apa yang dimaksud dengan software configuration? Konfigurasi perangkat lunak mengacu pada "interaksi" sebagai sistem pada perangkat lunak. Interaksi ini menyangkut setiap elemen yang mendukung, sehingga perangkat lunak bisa berfungsi sesuai peruntukannya. 
Dalam konteks konfigurasi perangkat lunak, maka karakteristik fisik dan fungsi lingkungan implementasi dan dokumentasi menjadi perhatian utama. Termasuk diantaranya adalah kumpulan spesifik (dalam versi tertentu) dari hardware, software dan firmware yang turut digunakan untuk pengembangan perangkat lunak. Fokus lainnya adalah "pengelolaan" dari konfigurasi sistem perangkat lunak tersebut. Misalnya pengelolaan perubahan persyaratan perangkat lunak ataupun traceability konfigurasi pada daur hidup pengembangan perangkat lunak.
IEEE/ISO/IEC 2010 mengartikan software configuration management sebagai
" A discipline applying technical and administrative direction and surveillance to: identify and document the functional and physical characteristics of a configuration item, control changes to those characteristics, record and report change processing and implementation status, and verify compliance with specific requirements"

Software Configuration meliputi aspek-aspek manajemen perangkat lunak, yang meliputi perencanaan, analisis dan perancangan, pengembangan, perawatan dan jaminan kualitas. Seperti pada Gambar diatas, ditampilkan dengan lengkap berbagai aspek yang terkait dengan kompetensi software engineers ini.

Berikut adalah topik bahasan yang terkait dengan Software Configuration Management (SCM):
1. Management Proses SCM, meliputi pembahasan: Organizational Context for SCM; Constraints and Guidance for SCM Process; Planning for SCM; SCM Plan; and Surveillance of SCM.
2. Software Configuration Identification, meliputi pembahasan: Identifying Items to be Controlled, Software Library.
3. Software Configuration Control, terkait dengan: Requesting, Evaluating and Approving Software Changes; Implementing Software Change; dan Deviation and Waivers.
4. Software Configuration Status Accounting, berkaitan dengan: Software Configuration Status Information; Software Configuration Status Reporting.
5. Software Configuration Auditing, membahas tentang: Software Functional Configuration Audit; Software Physical Configuration Audit, In-Process Audits of a Software Baseline.
6. Software Release Management and Delivery, terkait dengan topik-topik seperti: Software Building; Software Release Management
7. Software Configuration Management Tools

Tidak ada komentar:

Posting Komentar