Jumat, 15 Juni 2012

Proses Labelling dengan Mesin Krones


[Tulisan ini dibuat sebagai contoh Bahan Penelitian untuk Kerja Praktek Mahasiswa Teknik Elektro dan Teknik Informatika]

Tinjauan Proses Bisnis 

Aqua adalah air minum dalam kemasan yang memiliki kualitas yang sangat baik. Kualitas yang sangat baik tersebut didapatkan melalui proses produksi yang sangat baik pula. Mulai dari pemilihan mata air sampai packing produk, semuanya dilakukan dengan Premium Quality Assurance yang tersertifikasi.
Sumber air aqua berasal dari Mountain Spring Water yaitu sumber air yang terklasifikasi bila sumber airnya benar-benar dari mata air pegunungan yang mengalir sendiri ke permukaan bumi. Proses ini membuat air tersaring secara alami sambil membawa berbagai mineral. Air kemudian melalui proses Filterisasi (Penyaringan) dan Disinfeksi (Menghilangkan bakteri pembawa penyakit) dengan metode Ozonasi (inti dari pemrosesan air).
Setelah melalui proses Water Treatment, air sudah siap untuk dikemas dalam kemasan melalui filler ke botol. Botol dibuat dari bijih/resin plastik ke bentuk preform(bentuk awal botol), setelah menjadi preform kemudian dipanaskan dan dibentuk menjadi botol lewat proses blowing (high press). Botol diisi dengan air oleh filler lalu ditutup dengan penutup botol (cap) lewat proses capping. Botol kemudian melewati proses coding (pemberian kode produksi dan tanggal kadaluarsa) dengan diawasi petugas untuk visualisasi (pengamatan produk).
Produk yang telah melewati proses visualisasi kemudian diberikan label produk aqua. Setelah pemberian label, produk akan melalui pemasangan segel tutup (seal). Setelah produk selesai maka proses terakhir adalah packing produk dalam karton. Karton yang telah selesai kemudian dibawa ke gudang (pallet) untuk siap dipasarkan.


Jika kita melihat Gambar diatas, maka kita melihat sebuah proses bagaimana mengolah air yang bersumber dari pegunungan menjadi sebuah produk air minum untuk masyarakat. Alam menyediakan bahan dasarnya, dengan sentuhan teknologi (khususnya elektroteknik dan informatika) maka dapat dihasilkan sebuah produk yang bermanfaat untuk kemaslahatan masyarakat.

Dari proses produksi ini, mahasiswa dapat melihat sebuah contoh implementasi ilmu elektroteknik dan informatika, yang dapat digunakan sebagai acuan penelitian untuk Kerja Praktek ataupun Tugas Akhir. Pemilihan proses bisnis tersebut diatas, didasari atas pertimbangan bahwa proses bisnis tersebut "melibatkan" implementasi keilmuan elektroteknik dan informatika secara komprehensif. Sehingga diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi mahasiswa yang akan melakukan penelitian terpadu.

Tulisan ini akan dibuat dalam beberapa bagian bersambung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar