Jumat, 04 Mei 2012

tentang WAP (bagian 3)

Tulisan ini merupakan bagian 3. 
Untuk bagian 1 dapat dilihat disini, dan untuk bagian 2 dapat dilihat disini.
Pengembangan aplikasi WAP dilakukan dalam suatu lingkungan kerja yang disebut Wireless Application Environment (WAE). Inti dari WAE ini terdiri Wireless Markup Language (WML) dan Wireless Markup Language Scripts (WMLScript). 

Pengembangan Aplikasi WAP dengan PHP
Untuk membuat aplikasi WAP menjadi lebih dinamis dan interaktif, yang mampu memberikan dan menerima respon dari dan ke pengakses, kita dapat menggunakan bahasa-bahasa script yang berjalan pada sisi server (server side-scripting). Dalam tugas akhir ini akan menggunakan PHP ( PHP Hypertext Processor), bahasa script server-side yang tangguh, populer di internet dan gratis untuk memberi unsur dinamik dan interaktif pada aplikasi WAP.

Pada prinsipnya, komunikasi antara web server dengan perangkat WAP sama dengan hubungan antara web server dengan browser berbasis PC, hanya saja dalam hal ini ada satu tahap tambahan. Tahap ekstra yang dibutuhkan adalah transfer informasi oleh WAP gateway. WAP gateway bertindak sebagai perantara antara browser nirkabel dengan server tempat informasi berada.


Proses Komunikasi browser nirkabel dengan web server     

Yang berperan sebagai WAP gateway biasanya adalah perusahaan telekomunikasi yang menyediakan layanan telepon nirkabel atau telepon seluler. Misalkan kita telah membuat deck yang berisi dua buah card. Kemudian user daengan perangkat nirkabelnya melakukan permintaan atau request  terhadap deck tersebut. Maka, urut-urutan event yang terjadi untuk permintaan user tersebut adalah sebagai berikut :
  1. Request dikirimkan ke WAP gateway dengan protocol WAP. WAP gateway, di bawah “kendali” dari perangkat WAP, melakukan request untuk URL tertentu dengan protocol HTTP.
  2. Request ditransmisikan via internet ke alamat IP dari perangkat WAP (alamat IP dari suatu perangkat WAP ditentukan oleh operator).
  3. Request mencapai tujuan akhirnya, yaitu web server.  Server membaca header dan memproses permintaan dokumen WAP. Kode program PHP yang terdapat dalam dokumen ini dikompilasi dan diformat sesuai dengan kebutuhan.
  4. Dokumen atau deck WAP yang telah diproses ini dikirimkan kembali melalui WAP gateway. Pada gateway, isi dari deck dikompres menjadi data biner dan dikirimkan keperangkat WAP.


Adalah mungkin dan sangat mudah untuk menambahkan unsur dinamik ke dalam WML dengan PHP. Pengembnagan aplikasi WAP dengan PHP memungkinkan kita membuat aplikasi seperti database, mailserver, pengiriman pesan dan lain-lain. Supaya script PHP dapat didukung oleh perangkat WAP, script ini harus menghasilkan outrput header WML kepada Client. Karena itu, setiap dokumen WML yang berisi kode PHP harus menyertakan baris-baris berikut yang ditempatkan pada awal deck:


Deklarasi ini diperlukan karena PHP secara default mengirim baris Content-type : text/html.


Interaksi PHP dengan MySQL
Komunikasi antara user dengan WAP browser dengan web server dapat menjadi lebih interaktif dengan penggunaan database. Dengan adanya PHP yang bekerja pada sisi server, komunikasi interaktif dapat dilakukan dengan antara user dengan server, baik Apache sebagai web server maupun database server MySQL. User yang mengakses dapat memperoleh data atau informasi dari server dan server dapat menyimpan data yang dikirimkan user dalam database MySQL.
Database yang dipakai adalah MySQL dengan beberapa alasan, antara lain karena MySQL gratis dan mudah dipelajari. Dalam PHP terdapat banyak fungsi yang digunakan sebagai penghubung atau antarmuka dengan MySQL sehingga data dalam database dapat dilihat di internet. Banyak situs di internet yang menggunakan PHP-MySQL dalam pengembangan situsnya. 

4 komentar:

  1. Tulisan ini dimuat juga pada Vlad's Linux News Edisi Jumat, 4 MEi 2012, selengkapnya disini:
    http://paper.li/vaccumakeh/1335692787#!tag-mysql

    BalasHapus
  2. ketiga bagian tulisan ini, juga menjadi RECOMMENDED PAPER untuk Jurnal International IASA Edisi hari Jumat, 5 Mei 2012 ...

    selengkapnya disini:

    BalasHapus
  3. Salam baku dapa, walaupun nggak gitu familiar dengan dunia programming. Cuma salut juga ternyata orang Manado hebat2 dalam bidang IT :)

    BalasHapus
  4. salam baku dapa .... terima kasih untuk komentarnya ...

    *hehehe, makasih! tapi kami baru saja mulai, masih perlu banyak belajar ...

    BalasHapus