Senin, 07 Mei 2012

Membangun Aplikasi e-Commerce


Perkembangan teknologi menjadikan saluran distribusi global untuk produk, jasa, lapangan pekerjaan bidang manajerial dan profesional semakin bersaing. Dampak yang ditimbulkan antara lain mengubah perekonomian, struktur pasar dan industri, produk dan jasa serta aliran distribusinya, segmentasi pasar, nilai bagi konsumen, perilaku konsumen, lapangan pekerjaan dan pasar tenaga kerja.

Salah satu dari teknologi itu adalah internet. Kemampuan dan keandalan internet  memberikan banyak kemudahan bagi berbagai aspek kehidupan. Internet  dapat menjadi sumber informasi dan sarana komunikasi yang murah dan cepat. 

Salah satu aplikasi yang menggunakan dan memanfaatkan teknologi internet adalah Electronic Commerce (e-Commerce) atau perdagangan secara elektronik adalah perdagangan yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi terutama internet. 

Ada banyak bentuk perdagangan secara elektonik yang dilakukan saat ini, antara lain  internet  banking, pembelian dan penyedian barang, toko online dan sebagainya. Dalam proyek ini kami sebagai tim pengembang akan membuat e-Commerce dengan spesifik Toko Online Handphone. Yang menjadi tempat studi kasus yaitu Toko Handphone SentralFone. SentralFone adalah toko handphone yang menjual handphone, komponen, dan jasa servis handphone di kota Manado tepatnya di area Megamas. Dengan adanya aplikasi e-Commerce manfaat yang diberikan cukup banyak antara lain proses penjualan produk bisa secara online dan 24 jam sehingga antara pembeli dan penjual tidak perlu berhadapan langsung.

Alur Proses Bisnis e-Commerce dari Studi Kasus


Beberapa persyaratan aplikasi (user requirements) yang muncul saat wawancara:

a. Business Need
  1. Adanya laporan bulanan.
  2. Bisa melihat daftar barang yang ingin dibeli.
  3. Memudahkan pembeli dalam mencari jenis barang yang diinginkan.
  4. Proses pembayaran dilakukan melalui transfer via rekening.
  5. Menggunakan forum untuk memudahkan komunikasi antara pembeli dan penjual.
  6. Menggunakan bahasa Indonesia.
b. Functionality
  1. Fitur dalam menggolongkan barang berdasarkan jenis, sehingga bisa lebih memudahkan dalam pencarian spesifikasi dari suatu jenis barang.
  2. Membuat fitur Search untuk memudahkan pembeli dalam mencarim barang yang diinginkan.
  3. Fitur live chating untuk saling obrol antara penjual dan pembeli.
  4. Fitur laporan bulanan dan tahunan, yang berisi jumlah barang yang terjual, barang masih ada dan barang yang baru masuk.
c. Non-Functional
  1. Penggunaan bahasa Indonesia.
  2. Desain inteface harus menarik.
d. Expected Value
Manfaat Tangible:
  1. Meningkatkan akurasi pengontrolan jumlah barang yang masuk dan keluar sampai 80%.
  2. Mengurangi pemakaian waktu dalam mencari suatu jenis barang tertentu sampai 70%.
  3. Mengurangi biaya promosi sampai Rp. 1.100.000 per bulan.
  4. Mengurangi biaya print dan fotocopy Rp. 600.000 per bulan.
Manfaat Intangible:
  1. Meningkatkan kemudahan dalam pencarian suatu jenis barang.
  2. Meningkatkan tingkat kepuasan konsumen.
  3. Meningkatkan pelayanan terhadap konsumen.
e. Special Issues or Constraints
Proyek harus selesai waktu yang telah ditentukan yaitu bulan April.


3 komentar:

  1. Tulisan ini juga dimuat di IASA International Edisi Senin, 7 Mei 2012

    selengkapnya disini:
    http://paper.li/IASAhome?utm_source=subscription&utm_medium=email&utm_campaign=paper_sub#!tag-software

    BalasHapus
  2. based on the e-commerce article, the research could be a reference link below

    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/978/1/11106683.pdf
    thank you

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gunadarma Repository is one of the best FREE repo .... Thank you for sharing that link ...(y)

      Hapus