Jumat, 04 Mei 2012

tentang WAP


WIRELESS APPLICATION PROTOCOL (WAP) merupakan salah satu produk Teknologi Informasi Komunikasi yang paling sering digunakan oleh masyarakat umum. Internet sejak pertengahan tahun 1990-an hingga kini, telah mengubah cara kita berkomunikasi dan berinteraksi. Internet memungkinkan terjadinya pertukaran informasi secara cepat dalam lingkup yang global, yaitu dunia. Informasi kemudian menjadi wilayah publik dapat diakses dari manapun. Perkembangan sistem komunikasi personal nirkabel (wireless) yang pesat telah membangkitkan gagasan-gagasan tentang akses internet dan informasi dari perangkat komunikasi personal nirkabel dengan tingkat mobilitas tinggi. Bagaimana bisa? Teknologi Wireless Aplication Protocol (WAP) merupakan sinergi dari kombinasi internet dan dunia komunikasi nirkabel.

Apa itu WAP
Wireless Application Protocol (WAP) merupakan protokol bagi perangkat-perangkat nirkabel yang menyediakan layanan komunikasi data bagi pengguna, baik dalam bentuk yang berhubunngan dengan telekomunikasi maupun aplikasi-aplikasi berorentasi internet.
Struktur  WAP mengadopsi topologi layer-layer yang ada pada Internet Protocol (model TCP/IP). Ini terkait dengan tujuan dibuatnya WAP, yaitu memberikan akses internet bagi alat komunikasi mobile nirkabel. Protokol mengatur bagaimana format paket data dan layanan-layanan terhadap paket data pada setiap layer, bagaimana suatu layer memberikan layanan kepada layer lain yang berada diatasnya.   

Mengembangkan Aplikasi  WAP
Pengembangan aplikasi WAP dilakukan dalam suatu lingkungan kerja yang disebut Wireless Application Environment (WAE). Inti dari WAE ini terdiri Wireless Markup Language (WML) dan Wireless Markup Language Scripts (WMLScript). 
Untuk  menjangkau dunia internet, sebuah ponsel dengan teknologi WAP harus berjalan via WAP Gateway. WAP Gateway ini bertindak sebagai perantara, menghubungkan jaringan mobile dan internet dengan menerjemahkan Hypertext Transfer Protokol (HTTP) menjadi Wireless Session Protokol (WSP). Gambar di bawah ini menunjukkan skema sederhana hubungan antara web server, gateway dan ponsel dengan WAP.


Diagram Network Pada WAP

Web server melayani permintaan dari user melalui ponsel untuk sebuah aplikasi WAP. Hubungan ini dilakukan melalui perantara WAP Gateway. Aplikasi dalam WAP dibentuk dalam format WML. Untuk menjalankan suatu aplikasi WAP, sama halnya dengan internet biasa. Kita tinggal mengetikan URL yang dikehendaki, misalnya : http://tekniksoft.net. Karena itu, untuk membuat aplikasi WAP yang kita butuhkan adalah sebuah web server untuk menangani permintaan user akan aplikasi WAP, misalnya Apache, Microsoft Internet Information Sevice (IIS), ataupun PWS (Personal Web Server).

5 komentar:

  1. mau nanya pak..informasi tentang wap ini referensi nya dari mana pak?
    soalnya saya butuh informasi dari buku atau dari jurnal mana?
    mohon bantuan nya...terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin anda bisa menemukannya disini: www.sis.pit.edu/~dtipper/2727/wap_paper.pdf

      Hapus
  2. maaf pak,situs nya tidak bisa dibuka pak..bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. atau bisa add facebook ( Stanley Karouw), twitter (@stanlysk) ataupun G+ saya, linknya saya sudah posting disitu ... paper dari IEEE Pervasive Computing ttg WAP Standard dan Arsitektur ...

      Hapus